Tips Sehat agar Makan Malam Tidak Bikin Gemuk


Makan malam dipercaya sebagai salah satu pencetus kegemukan. Karenanya, banyak orang yang mati-matian menghindari makan malam demi tidak gendut atau mengalami berat badan berlebihan. Sayangnya, upaya itu kadang terasa sulit atau bahkan menyakitkan, karena lapar bisa datang sewaktu-waktu, termasuk di malam hari.

Setelah bekerja seharian, perut kadang kelaparan di waktu malam, menuntut kita agar memasukkan makanan. Jika hal semacam itu yang terjadi, sebagian orang bisa mengalami dilema. Kalau tidak makan perut kelaparan, kalau makan bisa menyebabkan kegemukan. Bagaimana solusinya? Berikut ini beberapa tip agar makan malam tidak sampai bikin gemuk. 

Cari makanan berserat

Sumber serat yang paling utama adalah sayuran. Karenanya, ketika Anda lapar pada malam hari, carilah sayuran semacam bayam atau brokoli yang mengandung banyak serat sekaligus mengenyangkan.

Atur porsi makan

Jika hanya mengonsumsi sayuran tidak mampu mengganjal perut yang lapar, Anda masih bisa makan roti atau nasi pada malam hari, namun dalam porsi kecil. Untuk menyiasatinya, Anda bisa mengatur porsi makan harian. 

Misalnya, makan banyak pada pagi hari agar berenergi selama bekerja, lalu makan dalam porsi setengah pada siang hari, dan makan dalam porsi seperempat pada malam hari.

Makan camilan

Lapar bisa datang sewaktu-waktu, misalnya saat Anda telah bersiap akan tidur. Untuk mengatasi hal semacam itu, Anda bisa mencari camilan sehat agar perut terisi, namun tetap bisa tidur dengan nyaman. Anda bisa memilih biskuit gandum atau keju rendah lemak, yoghurt, atau lainnya.

Makan di meja makan

Agar makan malam tidak kebablasan, makanlah di meja makan, dan hindari makan di depan televisi. Pada waktu menonton televisi, Anda tidak bisa merasakan dan menikmati makanan secara total. Saat makan di meja makan, Anda bisa memantau seberapa besar porsi yang akan dimakan.

Banyak minum

Bisa jadi, rasa lapar yang muncul pada malam hari bukan karena Anda memang butuh makan, namun karena tubuh mengalami dehidrasi. Karenanya, sebelum makan malam atau menikmati camilan, cobalah minum dua gelas air dingin atau secangkir teh herbal hangat. Tunggu sampai setengah jam. Jika memang tubuh mengalami dehidrasi, pasokan air tersebut akan menghilangkan rasa lapar.

Langsung tidur

Kalau semua tip di atas dirasa sulit dilakukan, dan Anda sudah terlalu lelah, sebaiknya langsung rebahkan badan di atas kasur dan berusaha agar segera terlelap. Lagi pula, Anda juga harus cukup tidur, agar besok bisa beraktivitas dengan baik. Penelitian menunjukkan, kurang tidur akan mempengaruhi nafsu makan pada siang hari.