Tips Ngemil Sehat untuk Ibu Hamil


Karena adanya janin di dalam kandungan, ibu hamil pun sering merasa lebih lapar dibanding wanita yang tidak hamil. Karena lapar itu pulalah yang sering kali menjadikan ibu hamil suka ngemil atau mengkonsumsi makanan ringan atau camilan, untuk meredakan rasa lapar.

Berbeda pada kondisi tidak hamil, acara ngemil selama kehamilan tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ibu hamil perlu memperhatikan camilan yang dikonsumsinya, karena salah memilih camilan bisa berisiko membahayakan kandungannya.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat dipilih sebagai camilan untuk ibu hamil yang ingin ngemil. Selain dapat meredakan rasa lapar, camilan berikut ini juga baik untuk kesehatan ibu dan janin.  

Cokelat

Ini salah satu camilan yang baik untuk ibu hamil, karena mengkonsumsi cokelat selama kehamilan dapat membantu mengurangi risiko komplikasi serius, semisal pre-eklampsia atau keracunan kehamilan. 

Pre-eklampsia adalah kondisi dimana tekanan darah melonjak selama kehamilan, karena kelebihan protein dilepaskan ke urine. Cokelat, khususnya yang jenis dark chocholate, mengandung zat yang disebut theobromine. Zat ini dapat menstimulasi jantung, memberikan rileksasi otot, juga meredakan nyeri dada, tekanan darah tinggi, juga pengerasan pembuluh nadi.

Selain itu, zat theobromine yang terdapat dalam cokelat juga berfungsi meningkatkan sirkulasi dalam plesenta dengan menghalangi zat kimia yang berkaitan dengan stres. 

Rumput laut

Rumput laut memiliki kandungan manfaat bagi manusia, mulai dari membuat tekstur kulit jadi lebih halus, sampai meredakan stres dalam tubuh. 

Selain itu, rumput laut juga sangat baik dikonsumsi ibu hamil, karena komposisi gizinya sangat lengkap sekaligus cocok untuk ibu hamil dan menyusui, karena mengandung omega-3 dan omega-6 yang sangat kaya manfaat.

Kedua asam lemak tersebut merupakan zat yang penting bagi tubuh, khususnya sebagai pembentuk membran jaringan otak, syaraf, retina mata, plasma darah, dan organ reproduksi.

Pisang

Ibu hamil disarankan memakan pisang sebagai camilan sehat, karena pisang mengandung asam folat yang mudah diserap janin melalui rahim. Namun, meski begitu, pisang juga sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan, karena dalam satu buah pisang mengandung sekitar 85 sampai 100 kalori.

Secara umum, kandungan gizi yang terdapat dalam setiap pisang yang matang adalah sebagai berikut: 99 kalori, 1,2 gram protein, 0,2 gram lemak, 25,8 miligram karbohidrat, 0,7 gram serat, 8 miligram kalsium, 28 miligram fosfor, 0,5 miligram besi, 44 RE vitamin A, 0,08 miligram vitamin B, 3 miligram vitamin C, dan 72 gram air.

Apel

Apel mengandung zat antioksidan. Karenanya, selain dapat digunakan untuk menangkal rasa lapar sebelum waktu makan, apel juga bermanfaat untuk mencegah sakit asma pada bayi. Berdasarkan penelitian, terbukti bahwa ibu hamil yang mengkonsumsi apel lebih dari 4 buah setiap minggu akan melahirkan bayi yang bebas dari penyakit asma.

Ikan laut

Ikan laut mengandung zinc dan DHA (docosahexanoic acid), yang akan membantu mengoptimalkan proses tumbuh kembang janin, misalnya pembentukan otak. Selain itu, mengkonsumsi ikan yang cukup selama kehamilan juga dapat mencegah bayi terkena alergi kulit.

CDR 

CDR adalah suplemen vitamin dan mineral yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil selama masa kehamilan. CDR memiliki kandungan yang baik untuk ibu hamil jika dikonsumsi dalam dosis tepat. Karenanya, ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi CDR, namun juga disarankan untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.