Tips Merawat dan Membersihkan Karpet di Rumah, agar Selalu Tampil Cantik


Meski lantai sudah tampil cantik, orang terkadang masih menggunakan karpet untuk menambah kesan hangat dalam ruangan. Karpet juga lebih nyaman di kaki, sehingga sering digelar di ruang tamu atau di ruang tengah (ruang keluarga). 

Karena letaknya ada di bawah, maka karpet pun jadi mudah kotor, gampang dihinggapi debu, dan tidak jarang menjadi tempat kuman bersarang.

Agar karpet rumah Anda selalu dalam keadaan bersih, terawat dan terjaga, berikut tip dan saran yang dapat Anda lakukan.

Agar karpet selalu dalam keadaan bersih, gunakan vacuum cleaner atau mesin penyedot debu untuk membersihkan karpet, setidaknya tiga kali seminggu.

Cucilah karpet dengan menggunakan sabun khusus untuk karpet, minimal enam bulan sekali. Jika merasa berat mencuci karpet, bisa dibawa ke tempat jasa binatu untuk membersihkannya.

Ubahlah posisi karpet, setidaknya dua atau tiga bulan sekali. Putar posisi karpet sedemikian rupa, sehingga bagian yang sering terinjak atau dilewati orang bisa berganti posisi.

Perhatikan letak jendela dan arah sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan tempat karpet berada. Warna karpet akan cepat memudar apabila terkena paparan langsung sinar matahari. Untuk mengatasinya, ubah posisi karpet antara dua sampai tiga kali per bulan. Hal ini bisa diatasi pula dengan cara menutup jendela atau menurunkan kerai jika ada.

Jika karpet dalam keadaan lembap, maka biasanya akan memunculkan bau apak. Untuk mengatasinya, percikkan sedikit baking soda ke atas karpet. Diamkan selama kira-kira 30 menit, kemudian dibersihkan dengan menggunakan penghisap debu.

Jika karpet menguarkan bau yang tajam, cucilah bagian yang berbau tersebut dengan campuran cuka dan air. Perbandingan takarannya adalah 20 persen cuka dan 80 persen air. Gunakan lap bersih yang dibasahi larutan air dan cuka tersebut untuk menggosok karpet itu. 

Noda yang ada di karpet harus segera dibersihkan, karena semakin lama noda terdapat pada karpet, semakin sulit pula untuk dapat membersihkannya. Hanya saja, sangat tidak dianjurkan menggosok karpet dengan menggunakan sikat, karena dapat merusakkan karpet. Gunakan saja lap untuk menggosok.

Jika Anda membeli karpet baru, ada baiknya untuk meminta toko karpet tersebut untuk membersihkan atau mengisap debu yang ada pada karpet tersebut terlebih dulu. Ingat, selama karpet berada di toko, debu-debu telah menumpuk di sana seiring waktu. 

Karenanya, daripada Anda repot karena harus membersihkan debu-debu itu saat karpet telah ada di rumah Anda, sebaiknya minta toko itu untuk membersihkannya terlebih dulu.