Tips Mengatasi Mudah Marah Saat Sedang Lapar


Banyak orang yang mudah marah atau emosi ketika perutnya sedang kosong atau lapar. Anda pun mungkin pernah mengalaminya. Dalam kondisi kenyang, emosi relatif terjaga. Tapi dalam kondisi lapar, entah kenapa kita jadi lebih mudah marah. Kondisi semacam itu disebut hangry, yang merupakan singkatan angry (marah) dan hungry (lapar).

Penelitian menunjukkan, bahwa ketika tingkat glukosa turun (saat lapar), orang memang lebih mudah terpancing emosinya. Namun, meski fenomena mudah marah di saat lapat bisa dibilang sebagai hal yang wajar, kondisi semacam itu bisa jadi akan merusak hubungan dengan orang lain. Karenanya, untuk mengatasi emosi yang mudah meletup semacam itu, tip berikut ini bisa dicoba.

Sediakan camilan sehat

Agar lapar tidak mudah datang, sediakan camilan. Dan agar camilan yang dikonsumsi tidak malah merugikan tubuh, pilihlah camilan yang sehat, semisal yoghurt atau sayuran yang dipotong kecil-kecil. 

Hindari camilan dengan kadar glukosa tinggi yang akan langsung meningkatkan kadar glukosa dalam darah Anda, setelah kadar glukosa merendah akibat lapar.

Pilih karbohidrat dengan bijaksana

Jika ngemil sayuran mungkin agak asing bagi Anda, roti bisa dijadikan pilihan. Namun, sebaiknya pilihlah roti yang mengandung setidaknya 3 gram protein dan 3 gram serat. Protein akan membantu tubuh merasa tenang lebih lama, dan serat akan memperlambat pencernaan glukosa.

Konsumsi makanan kaya magnesium

Dalam jurnal Diabetes Care disebutkan bahwa ada hubungan signifikan antara asupan magnesium dan risiko diabetes tipe 2. Magnesium memiliki peran penting dalam mengontrol kadar gula darah, sehingga tidak langsung drop saat Anda lapar. 

Karena itu, perbanyaklah mengonsumsi bayam dan alpukat untuk menjaga kadar gula darah, karena kedua makanan itu kaya magnesium.

Sarapan jeruk

Sarapan buah, khususnya jeruk, mungkin terdengar aneh bagi orang Indonesia yang biasa sarapan nasi atau roti. Namun, studi yang dipublikasikan dalam Journal of Medicinal Food menyebutkan, bahwa mengonsumsi setengah jeruk segar sebagai sarapan akan meningkatkan resistensi insulin, yang akan menjaga kadar gula darah Anda. Hasilnya, saat siang, Anda tidak akan mudah lapar.