Tips Mengatasi Migrain dan Sesak Napas Secara Alami


Meskipun tidak ‘seterkenal’ penyakit kepala pada umumnya, namun migrain bukan berarti tidak ‘populer’. Ada cukup banyak orang yang terganggu dengan keluhan penyakit yang satu ini. 

Migrain adalah nyeri pada kepala yang rasanya sangat tidak nyaman atau terasa sakit sekali. Gejala penyakit yang satu ini dapat ditandai dengan adanya rasa nyeri pada satu sisi kepala, pusing dan berdenyut seperti terasa dipukul, dan ada pula yang juga disertai dengan mual dan muntah.

Sampai sekarang dunia medis belum menemukan secara pasti apa yang menyebabkan penyakit migrain ini. Diperkirakan, penyakit yang biasa dikenal dengan istilah ‘sakit kepala sebelah’ ini disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya karena konsumsi makanan yang terlalu gurih, perubahan hormon tubuh, kelelahan, atau juga karena disebabkan peradangan pada pencernaan.

Migrain dapat dicegah dengan tidur yang cukup, dan mengkonsumsi makanan yang bergizi. 

Sebagaimana yang disebutkan di atas, migrain memang tidak sepopuler sakit kepala pada umumnya, namun jika Anda kebetulan ‘akrab’ dengan migrain dan sering diganggu oleh penyakit yang satu ini, gunakan saja madu untuk mengatasinya. Bahannya terdiri dari 1 sendok makan madu, 1 genggam daun lamtoro, lengkuas sepanjang 1 centimeter, dan asam Jawa secukupnya.

Cara membuatnya adalah seperti ini; daun lamtoro direbus dengan air sebanyak 1 gelas hingga mendidih. Lengkuas dimemarkan, kemudian dimasukkan ke dalam rebusan daun lamtoro tersebut, bersama asam Jawa. Tunggu sampai beberapa saat, kemudian angkat, saring dan dinginkan.

Setelah air rebusan yang telah disaring tersebut sudah mendingin, masukkanlah 1 sendok makan madu ke dalamnya. Nah, ramuan ini bisa diminum kapan saja, ketika migrain menyerang Anda.

Mengatasi sesak napas

Sesak napas dapat disebabkan oleh banyak hal, semisal karena kelelahan jasmani, kelelahan pikiran atau gangguan emosi, perubahan lingkungan hidup yang tidak diharapkan meliputi cuaca, kelembaban, temperatur, asap rokok atau bau-bauan yang merangsang, infeksi saluran pernapasan seperti influenza dan reaksi alergi dari bahan yang terhirup atau juga karena makanan tertentu.

Tingkat kepekaan saluran napas yang kemudian menjadi sesak napas ini biasanya diawali dengan gejala yang ringan semisal pilek, bersin atau batuk yang sering berulang atau kambuh, sampai pada gejala yang tergolong berat semisal karena serangan asma.

Penyakit sesak napas dapat diatasi dengan ramuan yang terdiri dari madu, telur ayam kampung dan jeruk nipis. Jika Anda terserang sesak napas, buat saja ramuan berikut ini; 1 butir telur ayam kampung direndam di dalam air jeruk nipis selama 12 jam. 

Kemudian, campurkan putih telur dan kuning telur dengan 1 sendok makan sari jeruk nipis dan 1 sendok makan madu. Setelah itu, rebuslah semua bahan tersebut sampai benar-benar mendidih dan menjadi kental. Setelah itu diangkat dan biarkan menjadi hangat.

Nah, ramuan tersebut dapat diminum dengan dosis 1 sendok teh, dua kali dalam sehari, setiap pagi dan malam hari. Jika rutin mengonsumsinya, maka sesak napas pun akan berkurang untuk kemudian menjadi hilang.