Tips Mengatasi Gugup Saat Belajar Menyetir Mobil


Bagi yang sudah biasa, menyetir atau mengendarai mobil bisa dibilang sangat mudah. Karena sudah terbiasa, kita tahu bagaimana mengendalikan setir, kapan harus menginjak pedal gas atau rem, kapan harus memindahkan persneling, dan lain-lain. Namanya juga sudah terbiasa. 

Namun, bagi yang belum bisa menyetir atau mengendarai mobil, proses semacam itu butuh waktu. Sebagaimana pada hal lain, menyetir mobil juga perlu belajar. Karena itu pula, saat ini ada tempat-tempat kursus yang khusus mengajari siapa pun yang ingin mengendarai mobil.

Umumnya, orang yang baru belajar mengendarai mobil akan merasa gugup, ketika pertama kali duduk di belakang setir mobil dan mulai menjalankan mesin. Itu hal yang wajar. Pengemudi mobil sehebat apa pun pasti pernah mengalaminya. Namun rasa gugup tersebut harus diatasi dengan baik. Supaya kita lekas menguasai teknik-teknik mengemudikan mobil dengan benar.

Tak perlu panik jika kita sedang belajar mengendarai mobil. Ikuti beberapa cara ini untuk mengatasi rasa gugup ketika belajar:

Memilih tempat kursus yang berkualitas

Tempat kursus berkualitas punya cara sendiri untuk membuat para siswanya segera mahir mengendarai mobil. Bahkan biasanya tempat kursus tersebut juga memiliki instruktur favorit yang sabar dan terampil mengajar. 

Rasa gugup kita akan lekas berkurang jika kita diajar oleh instruktur yang andal. Hal ini tentu jauh lebih baik daripada belajar dengan anggota keluarga atau sahabat yang kurang sabar.

Berlatih memindahkan persneling hingga mahir

Salah satu latihan yang harus dikuasai sebelum mulai menyalakan mesin mobil adalah memindahkan persneling. Kita harus mengingat posisi persneling di luar kepala. Demikian pula halnya dengan posisi gas, rem, dan kopling (pada mobil manual). 

Bila kita sudah menghafal setiap posisi persneling, gas, rem, dan kopling dengan benar, kita tak akan terlalu panik saat mulai mengendarai mobil.

Memulai latihan di tempat yang sepi

Lokasi yang tepat untuk memulai latihan mengendarai mobil pertama kali adalah tempat yang sepi. Sehingga kita lebih leluasa memperkirakan kondisi jalan, berbelok, dan mempelajari berbagai teknik parkir. 

Kita juga wajib memilih tempat latihan yang kondisi jalanannya terdiri dari tikungan, jalan menanjak, dan jalan menurun. Hal ini akan membuat kita lebih cepat menguasai mobil di berbagai medan jalanan.

Jangan ragu mengendarai mobil sendiri

Bila sudah latihan beberapa kali bersama instruktur, tak ada salahnya kita mencoba mengendarai mobil sendiri. Mulailah dengan jalanan yang agak sepi. Supaya kita lebih terlatih memahami teknik-teknik mengemudikan mobil secara mandiri. Selanjutnya, kita tak perlu tergantung oleh instruksi orang yang mendampingi kita.

Berbekal konsistensi dan keberanian, kita akan lekas mahir saat belajar mengendarai mobil. Semakin sering berlatih, kita pun akan semakin menguasai mobil dan kondisi jalanan.