Tips Memulai Pagi dengan Produktif: Tubuh Bugar, Pikiran Segar


Pagi adalah waktu terbaik untuk memulai sesuatu. Penelitian telah membuktikan bahwa pekerjaan yang dilakukan di pagi hari akan lebih efektif karena dua faktor penting. 

Pertama, karena Anda lebih rileks dan tidak dikejar waktu. Kedua, bangun pagi dapat mengurangi tingkat stres, kemungkinan karena Anda menghirup udara pagi yang segar tanpa polusi.

Karenanya, bagun pagi adalah awal yang baik untuk memulai hari. Dengan bangun pagi, Anda memiliki waktu yang panjang membentang hingga datangnya malam nanti, dan selama waktu-waktu itu Anda bisa mengerjakan banyak hal, melakukan berbagai keperluan, menyelesaikan beragam pekerjaan. 

Setidaknya, bangun pagi bisa membuat Anda lebih santai saat menyeruput kopi dan menikmati sarapan, tanpa harus buru-buru pergi ke tempat kerja.

Bagi orang yang biasa bangun pagi, tentu bukan masalah untuk melakukannya. Namun, bagi sebagian lain, bangun pagi bisa menjadi ujian berat. Rasanya sulit sekali mengangkat tubuh dari tempat tidur. Umumnya, orang yang belum terbiasa bangun pagi akan memasang weker atau alarm untuk membantu membangunkan, dan biasanya hal itu cukup efektif. 

Berikut ini beberapa tip seputar bangun pagi, serta upaya untuk memulai pagi agar lebih produktif. Setiap hari dimulai dari pagi. Jika Anda bisa melewati pagi dengan baik, Anda bisa berharap melewati waktu-waktu selanjutnya dengan baik pula. Tip-tip berikut ini bisa dibilang ringan, namun akan memberi manfaat besar:

Jika Anda menyiapkan alarm untuk bangun pagi, maka bangunlah saat alarm berbunyi. Yang perlu Anda lakukan hanya bangkit dari tempat tidur, dan urusan selanjutnya akan lebih mudah. Karenanya, jika Anda memilih untuk mematikan alarm tanpa bangun dari tempat tidur, biasanya Anda akan terus kesulitan untuk bangun.

Jika Anda kebetulan telah bangun tidur sebelum alarm berbunyi, segera bangun saja, kalau waktu memang telah pagi. Tidak perlu harus selalu menunggu alarm. Tubuh kita sebenarnya tak jauh beda dengan mesin, bisa bekerja efisien saat ada rutinitas untuk dilakukan. Tidur dan bangun di waktu yang sama dapat membentuk rutinitas yang baik bagi tubuh.

Jika Anda merasa sulit bangun pagi, meski telah dibantu alarm, Anda bisa mencoba trik berikut. Letakkan alarm agak jauh dari tempat tidur. Ketika alarm berbunyi pada pagi hari, Anda tidak bisa langsung menjangkaunya untuk mematikan. Untuk mematikan alarm, Anda harus bangun dari tempat tidur, dan hal itu bisa membantu Anda untuk benar-benar bangun.

Saat bangun pagi, bisa jadi waktu Anda masih cukup lama untuk berangkat ke kantor atau tempat kerja. Anda bisa memanfatkan waktu yang tersedia untuk berbagai keperluan, dari membersihan tempat tidur, sampai olah raga. Itu tentu jauh lebih baik daripada jika Anda masih tidur atau malas-malasan di tempat tidur.

Saat bangun tidur, Anda bisa menjadikan air lemon sebagai minuman pertama. Selain baik untuk metabolisme tubuh, asam lemon dapat membantu tubuh Anda untuk benar-benar “bangun”.

Setelah bangun tidur, mandi, olah raga, dan sarapan, biasanya Anda pun sudah harus bersiap untuk berangkat kerja. Jika Anda ternyata masih memiliki waktu cukup, Anda bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk menulis daftar hal-hal yang perlu Anda kerjakan di kantor atau tempat kerja, menyusun prioritas, dan lain-lain, yang akan membantu melancarkan pekerjaan. 

Dengan penyusunan rencana yang baik, Anda pun bisa bekerja dengan lebih baik sehingga jauh dari kemungkinan stres.