Tips dan Panduan Aman Saat Membuka Deep Web di Internet

Tips dan Panduan Aman Saat Membuka Deep Web di Internet

Deep web bisa dibilang “bawah tanah internet” yang sulit dijangkau sembarang orang. Salah satunya karena deep web memang tidak dapat ditemukan melalui mesin pencari. Padahal, deep web jauh lebih besar dari internet yang selama ini kita kenal.

Agar Anda bisa membayangkan apa sebenarnya deep web, pertama lihat dulu internet yang biasa Anda kenal. Kita sama-sama tahu, internet sangat luas, karena di dalam internet ada berbagai macam hal yang kita cari. Untuk mencari apa pun di internet, kita menggunakan mesin pencari, misalnya Google. Dengan Google, kita bisa mendapatkan setumpuk alamat situs yang menyuguhkan sesuatu yang kita cari.

Ilustrasi itu menunjukkan kalau internet adalah tempat yang sangat luas. Meski begitu, internet yang kita kenal tersebut masih kalah luas dibanding deep web. Bedanya, situs-situs di deep web tidak bisa dicari menggunakan Google atau mesin pencari lain. Untuk bisa masuk ke deep web, kita harus tahu alamat situs yang kita tuju.

Karena merupakan “ruang bawah tanah”, deep web pun rentan kejahatan. Kenyataannya, deep web kerap digunakan untuk hal-hal yang melanggar hukum, dan semacamnya. 

Karenanya, mengakses deep web juga rentan, karena komputer Anda bisa saja terinfeksi virus atau malware berbahaya. Namun, jika Anda kebetulan perlu mengakses deep web, Anda bisa memperhatikan tips berikut ini, agar lebih aman.

Pastikan kamera (webcam) Anda tertutup

Bagi Anda yang ingin mengakses deep web menggunakan laptop atau PC yang dilengkapi webcam, sebaiknya menutup kamera webcam tersebut. Konten di dalam deep web bisa saja konten milik hacker yang bisa dengan mudah menyusupi komputer Anda. Sehingga privasi Anda pun akan terlihat oleh hacker tersebut dan disebarluaskan.

Bisa saja para hacker merekam aktivitas Anda, jika dia sudah menguasai komputer atau laptop Anda tersebut. Wajah Anda pun akan direkam sebagai tambahan informasi oleh para hacker. Apalagi kalau Anda suka melakukan hal-hal aneh di depan laptop atau komputer, pasti akan memalukan kalau sampai tersebar luas, kan?

Gunakan VPN

VPN merupakan fitur keamanan yang bisa Anda gunakan pada komputer, untuk menutupi atau me-masking alamat IP. Dengan menutupi alamat IP, maka data-data Anda di internet pun akan sulit disusupi oleh para hacker di deep web. VPN ini sama halnya dengan Anda menggunakan Fake GPS, menggunakan alamat IP negara lain.

Jangan asal klik iklan dan link

Di dalam deep web, Anda akan melihat berbagai macam konten unik dan mungkin akan membuat Anda tertarik untuk mengkliknya. Bahkan, semakin Anda telusuri, Anda akan terjebak semakin jauh ke dalam deep web. 

Sebaiknya, Anda jangan sampai terjebak link-link atau iklan yang aneh, untuk menghindari malware atau virus yang bisa saja disisipkan dalam link tersebut. Apalagi kalau Anda sampai mengizinkan website tersebut menginstal add on atau program ke komputer Anda.

Pastikan Anda menggunakan internet yang cepat

Karena TOR (The Onion Router) jaringan deep web menggunakan enkripsi yang berlapis-lapis, maka Anda pun harus memiliki kecepatan internet yang memadai untuk bisa memasuki setiap lapisan TOR tersebut, agar bisa membuka halaman deep web.