Tips Belanja Online secara Aman, Nyaman, dan Hemat


Belanja online atau belanja di internet memang memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki di dunia nyata. Bayangkan saja, untuk berbelanja di dunia nyata—misalnya ke swalayan—kita harus menyiapkan kendaraan, keluar rumah, menuju swalayan yang diinginkan, dan dalam proses itu bisa terkena macet panjang. 

Lalu ada biaya parkir kendaraan, dan lain-lain. Yang menjengkelkan, bisa jadi barang yang ingin kita beli tidak ada di swalayan yang kita tuju, atau pas kebetulan habis.

Masalah-masalah semacam itu tidak terjadi ketika kita berbelanja di internet. Hanya dengan membka komputer atau laptop, atau bahkan smartphone, kita bisa mencari dan menemukan barang yang ingin kita beli, lewat toko-toko online yang banyak bertebaran. Kita juga bisa membandingkan harga suatu produk dengan mudah, lalu memilih yang paling cocok. Mudah, tanpa macet, dan praktis.

Namun, agar urusan belanja online tidak berakhir kekecewaan, ada baiknya untuk memperhatikan kehati-hatian. Bagaimana pun, kita ingin urusan belanja di internet menjadi pengalaman menyenangkan. Terkait hal itu, berikut ini tips belanja online secara aman, nyaman, dan hemat.

Hanya belanja di situs resmi dan tepercaya

Biasakan diri kita untuk hanya berbelanja di situs belanja online resmi. Situs yang resmi biasanya memiliki sejumlah ciri seperti punya rekening atas nama perusahaan, memiliki sosial media yang aktif dan punya interaksi dengan pengikutnya, gaya bahasa dan barang yang dijual jelas dan tidak mencurigakan.

Hanya bayar menggunakan rekening bersama

Dengan melakukan pembayaran melalui rekening bersama, kita bisa terhindar dari penipuan. Sebab, pihak marketplace biasanya akan menahan pembayaran pada pihak penjual sebelum ada konfirmasi mengenai barang dari pembeli.

Gunakan perangkat pribadi saat bertransaksi

Pelaku kejahatan dunia maya biasanya mengincar data pemilik kartu kredit. Untuk mencegah kartu kredit kita jadi korban pembobolan, sebaiknya jangan pernah bertransaksi di dunia maya menggunakan perangkat milik orang lain dan jaringan internet publik. 

Sebab, penjahat dunia maya biasanya beroperasi di dua tempat tersebut. Salah-salah informasi kartu kredit milik Anda dibobol dan digunakan di luar pengetahuan Anda.

Makin hemat belanja online dengan kartu kredit

Salah satu alasan yang membuat orang gandrung berbelanja secara online adalah biaya yang lebih murah. Selain bisa mendapatkan barang dengan harga terbaik, kita bisa menghemat biaya transportasi.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran. Untuk mendapatkan keuntungan promo kartu kredit saat berbelanja melalui internet, berikut langkah yang bisa dilakukan.

Belanja di toko online yang punya program khusus

Biasanya ada kerjasama khusus penerbit kartu kredit dengan portal belanja untuk memberikan diskon khusus. Syaratnya, alat pembayaran yang kita gunakan adalah kartu kredit yang bekerja sama tersebut. Namun, promo seperti ini tidak berlangsung setiap hari.

Agar tidak ketinggalan informasi saat ada diskon khusus, sebaiknya rajin-rajin mengecek situs web penerbit kartu kredit. Cara lainnya, ikuti akun media sosial resmi milik penerbit kartu kredit. Sebab, penerbit biasanya menggunakan media sosial untuk menyebarkan informasi promo miliknya.

Gunakan reward kartu kredit

Kartu kredit biasanya memberikan poin setiap kali kita bertransaksi. Makin sering kita belanja, poin yang diperoleh semakin banyak. Nah, saat sedang menginginkan suatu barang namun dana yang kita miliki terbatas, coba gunakan poin tersebut. Tukarkan poin tersebut dengan barang yang kita suka atau voucher diskon.

Gunakan daftar belanja

Transaksi menggunakan kartu kredit bisa sangat menjebak. Bila tanpa persiapan, bisa terbawa nafsu dan belanja sampai menghabiskan limit. Padahal, kemampuan membayar cicilan tidak sebesar nilai yang dibelanjakan.

Untuk menghindari hal ini, selalu buat daftar belanja sebelum berburu barang di portal belanja. Pastikan untuk mendahulukan kebutuhan dibanding keinginan saat membuat daftar belanja tersebut. Niscaya, bila mematuhi daftar belanja yang dibuat, kita bisa terhindar dari belanja secara berlebihan.