Ternyata, Udang Bisa Dimanfaatkan untuk Memeriksa Kemurnian Air


Bagaimana cara memeriksa kemurnian air? Jawabannya mungkin panjang, bahkan bisa jadi rumit. Seperti kita tahu, air bersih saat ini sudah menjadi masalah banyak orang di berbagai negara. 

Sulitnya mendapatkan air bersih karena bumi sudah sedemikian kotor penuh polusi. Air yang tampaknya jernih sekali pun tetap tidak terjamin bersih, karena bisa jadi di dalamnya terkandung polusi.

Dalam hal itu, sebuah produsen bir di Ceko punya cara yang bisa dibilang unik sekaligus jenius dalam memeriksa kemurnian air. Yaitu dengan memanfaatkan udang.

Ide cemerlang itu diaplikasikan oleh tempat pembuatan bir di Protivin, Ceko. Demi menghasilkan bir terbaik, mereka membutuhkan sumber air alami yang terjamin kualitasnya.

Alih-alih menggunakan teknologi modern, mereka lebih memilih udang karang sebagai alat pendeteksi. Setiap perubahan perilaku udang berbanding lurus dengan perubahan tingkat kemurnian air.

"Ketika tiga udang karang atau lebih mengubah aktivitas denyut nadi mereka, kita tahu bahwa parameter air telah berubah," kata Michal Voldrich, atasan di tempat pembuatan bir.

Dilaporkan oleh Reuters, udang karang bereaksi jauh lebih cepat dibanding detektor lainnya. Bahkan hewan ini sanggup merasakan polusi dalam konsentrasi yang sangat rendah.

Produsen bir di Ceko ini ternyata bekerja sama dengan para ilmuwan di Fakultas Perikanan dan Perlindungan Air dari South Bohemia University. Penemuan mereka tentunya jadi terobosan penting mengingat kebutuhan akan air bersih semakin meningkat saat ini.