Sejak Kapan Manusia Mengonsumsi Daging Ayam? Ini Fakta Sejarahnya


Ada aneka makanan yang berbahan daging, dari daging kerbau, daging kambing, hingga daging ayam. Di antara jenis daging yang ada dan biasa dikonsumsi manusia, daging ayam tampaknya yang paling populer, karena ada di mana pun dan dikonsumsi orang di negara mana pun. 

Kita di Indonesia juga sangat akrab dengan masakan berbahan daging ayam, dari opor ayam sampai sate ayam.

Sejak kapankah manusia mengonsumsi daging ayam? Jawabannya sejak ribuan tahun yang lalu. 

Jenis daging yang sudah ribuan tahun hadir dalam khazanah kuliner dunia adalah daging ayam. Salah satu argumen arkeologi tertua yang pernah diungkapkan West dan Zhou (1988), ayam yang sudah diternakkan itu berasal dari dataran China, dan sudah ada sejak sekitar 6000 SM. 

Dalam buku The Cambridge History of Food, ayam yang sekarang kita makan itu berasal dari Tarim Basin, sebuah area purbakala yang sekarang dikenal sebagai sebagian dari Nanjiang, China. Ayam kemudian menyebar ke Eropa dan seluruh dunia sekitar 3000 SM.

Begitu pula di Indonesia, yang memang sudah mengenal ikatan batin panjang dengan ayam. Sama seperti di belahan dunia manapun, daging ayam di Indonesia menjadi lebih murah dan makin banyak dikonsumsi saat diternakkan dalam skala gigantis pada abad 20-an. Sejak saat itu, ayam menjadi pilihan protein yang lebih terjangkau harganya.