Resep Alami Mengatasi Reumatik


Siapkan 75 gram jali, beras secukupnya, jagung secukupnya, jahe secukupnya, gula secukupnya, dan santan secukupnya.

Cara membuatnya, jali direndam dalam air selama lima sampai delapan jam, kemudian semua bahan di atas dijadikan satu. Masaklah bahan-bahan tersebut hingga menjadi bubur. 

Jika Anda mau, bisa ditambahkan 25 gram jamur putih kering. Caranya, jamur direndam terlebih dulu hingga lembut atau lunak, kemudian dimasukkan ke dalam bubur jali. Nah, bubur jali pun siap dinikmati untuk mengatasi keluhan penyakit Anda.

Resep kedua untuk mengatasi reumatik ini, Anda bisa mengkonsumsi resep yang bukan hanya manjur, tetapi juga enak—yaitu kolak kacang merah. Untuk membuat kolak kacang merah berkhasiat ini, silakan perhatikan resep berikut:

Siapkan kacang merah kecil sebanyak 100 gram, jamur putih kering sebanyak 20 gram, paihe sebanyak 15 buah, gula batu secukupnya, santan secukupnya, dan air secukupnya.

Cara membuatnya, rendamlah kacang merah sampai menjadi lunak, kemudian masaklah. Masukkan paihe, jamur putih kering yang telah direndam, juga gula batu. Masaklah sampai gula batunya menjadi hancur atau mencair. Setelah itu, masukkan ke dalam mangkuk, lalu berikan santan kental. Kolak berkhasiat ini pun sudah siap dihidangkan.