Resep Alami Mengatasi Radang Anak Telinga


Dalam bahasa ilmiah, penyakit radang anak telinga disebut otitis interna. Penyakit ini disebabkan karena pembuluh yang disebut custachius yang berbentuk lurus dan lebar mengalami peradangan dan bernanah, yang diikuti dengan salesma dan influensa.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan resep berikut.

Siapkan 10 lembar daun kecubung, cuci hingga bersih, kemudian gilinglah sampai halus. Remas-remaslah hasil gilingan itu dengan minyak kelapa sebanyak dua sendok makan yang telah dihangatkan terlebih dulu. Setelah itu, peraslah dan saring minyaknya. 

Gunakan air saringan itu untuk diteteskan pada bagian anak telinga yang sakit, tiga kali sehari—5 tetes setiap kali penggunaan.

Selain resep di atas, Anda juga bisa menggunakan resep kedua berikut ini. 

Siapkan daun kemangi sebanyak 40 lembar, bawang merah sebanyak 4 butir, dan buah belimbing wuluh sebanyak 5 buah. Cucilah bahan-bahan tersebut sampai bersih, kemudian tumbuk sampai menjadi halus. Setelah itu, remaslah dengan menggunakan minyak zaitun sebanyak dua sendok makan, lalu peras dan saringlah.

Air perasan bahan-bahan di atas itu digunakan untuk diteteskan pada anak telinga yang sakit, sebanyak empat kali sehari—4 tetes setiap kali penggunaan.