Resep Alami Mengatasi Panu dengan Daun Kemangi dan Belimbing Wuluh


Di dalam bahasa ilmiah, panu disebut pityriaris versicolor. Penyakit panu ini banyak diderita oleh penduduk yang kurang memiliki pengetahuan atas kebersihan dan kesehatan. Penyakit ini disebabkan oleh semacam parasit kapang atau cendawan yang disebut microsop furfur. Panu termasuk jenis penyakit yang menular.

Meski mungkin bukan tergolong penyakit berat, tetapi panu sering menjadi sumber masalah bagi penderitanya. Karenanya, untuk mengobatinya, Anda bisa menggunakan resep berikut ini.

Siapkan daun kemangi sebanyak satu genggam, lalu cucilah hingga bersih dan kemudian ditumbuk. Beri sedikit air kapur, lalu gunakanlah untuk menggosok bagian kulit yang terserang panu. Lakukan minimal dua kali dalam sehari—lebih sering akan lebih baik, karena akan cepat sembuh.

Selain cara di atas, ada resep lain yang dapat Anda pilih. Caranya, siapkan belimbing wuluh sebanyak 10 buah, lalu dicuci dan digiling hingga halus. Beri kapur sirih sebesar biji asam, dan remaslah perlahan-lahan. Gunakan bahan tersebut untuk menggosok kulit yang terkena panu, dua sampai tiga kali sehari.