Perlu Tahu, Ini 9 Makanan Sehat yang Mengandung Banyak Kalsium


Kalsium adalah makromineral, yaitu mineral yang sangat dibutuhkan tubuh, lebih dari 100 miligram per hari. Kalsium memiliki peran penting dalam pembentukan tulang dan gigi. Kekurangan kalsium bisa menyebabkan pertumbuhan tulang terganggu dan mengalami osteoporosis. 

Banyak orang mengetahui bahwa susu adalah makanan yang mengandung banyak kalsium. Karenanya, dalam upaya menjaga kesehatan tulang, banyak orang rutin mengonsumsi susu. Padahal, ada banyak makanan lain yang juga mengandung kalsium sebagaimana susu. Berikut ini di antaranya.

Keju

Sebagai makanan yang berbahan dasar susu, keju memiliki hampir semua kandungan nutrisi pada susu, seperti protein, vitamin, mineral, kalsium, fosfor, lemak, dan kolesterol. Namun, yang perlu diingat, keju juga akan menyebabkan gangguan kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Yoghurt

Yoghurt adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yoghurt bisa dibuat dari susu apa saja, termasuk susu kedelai. Meski begitu, kebanyakan yoghurt dibuat dari susu sapi. Karena berbahan dasar susu, yoghurt juga merupakan makanan yang mengandung banyak kalsium.

Ikan salmon

Ikan salmon mengandung banyak lemak sehat, juga protein. Tiga ons daging salmon yang sudah dikalengkan ternyata juga mengandung kalsium yang tinggi, mencapai 181 mg.

Kacang almond

Kacang almond mengandung 70-80 mg kalsium. Selain itu, kacang almond juga mengandung vitamin E. Karenanya, kacang ini sangat baik digunakan sebagai camilan sehari-hari.

Pisang

Pisang mengandung mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi, dan kalsium. Yang menyenangkan, pisang mudah diperoleh, karena bisa didapatkan di hampir semua wilayah Indonesia.

Kedelai

Kedelai memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Jika satu cangkir kacang kedelai direbus tanpa dicampur garam, akan menghasilkan 261 mg kalsium. Selain itu, ada olahan dari kacang kedelai yang juga bermanfaat, yaitu susu kedelai.

Sayuran hijau

Sayuran hijau juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi, dan bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan kalsium. Sayuran yang mengandung kalsium tinggi di antaranya brokoli dan bayam. Brokoli bahkan merupakan sayuran dengan kandungan kalsium tertinggi, yaitu 180 mg.

Jeruk 

Jeruk bisa ditemukan di hampir semua belahan dunia, karenanya banyak orang mengonsumsinya karena mudah ditemukan. Selain memiliki kandungan vitamin C yang telah terkenal, jeruk juga memiliki kandungan kalsium sebanyak 60 mg.

Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan yang baik untuk kesehatan jantung, karena kaya serat dan mengandung karbohidrat. Selain itu, oatmeal juga mengandung kalsium cukup tinggi. Dalam satu mangkuk oatmeal terkandung 105 mg kalsium.