Perlu Tahu, Ini 5 Jenis Makanan yang Bikin Tulang Cepat Keropos


Memiliki tulang yang kuat sangat penting, dan karena tujuan itu pula kita dianjurkan untuk rutin minum susu atau mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium, serta berolahraga secara teratur. Namun, yang juga perlu diketahui, ternyata ada beberapa makanan tertentu yang dapat membikin tulang cepat keropos. 

Karenanya, selain rutin berolahraga, minum susu, dan makan makanan yang baik untuk tulang, kita juga perlu mewaspadai atau menjauhi makanan-makanan yang dapat berbahaya bagi kesehatan tulang kita. Berikut ini beberapa makanan yang perlu diperhatikan, untuk menghindarkan tulang keropos.

Kafein dan soda

Kafein yang terdapat dalam kopi dapat membuat tulang keropos, karena kafein menghambat tubuh dalam penyerapan kalsium yang dibutuhkan kesehatan tulang. Selain kafein, soda juga punya dampak yang sama. 

Soda mengandung fosfor, yang juga menghambat tubuh dalam menyerap kalsium untuk tulang. Karenanya, sebaiknya tidak berlebihan mengonsumsi keduanya.

Garam

Garam sering digunakan dalam makanan sebagai penyedap rasa. Jika dikonsumsi sewajarnya, garam sebenarnya tidak terlalu bermasalah. Namun, garam yang berlebihan akan membuat kalsium dalam tubuh lebih mudah keluar lewat urin (air kencing). 

Akibatnya, tubuh bisa kekurangan kalsium, yang efeknya menjadikan tulang mudah keropos.

Alkohol

Alkohol berkontribusi dalam pengeroposan tulang, terlebih pada orang yang sudah tua. Zat yang terdapat dalam alkohol menghalangi penyerapan kalsium yang berfungsi membentuk tulang ketika Anda makan. Jumlah alkohol yang tertimbun dalam tubuh juga menyebabkan tulang kehilangan kalsium. 

Terlalu banyak protein 

Protein dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh, sekaligus untuk pertumbuhan tulang. Namun, jika jumlahnya berlebihan, hasilnya malah negatif karena tidak baik untuk tulang. Karenanya, sebaiknya konsumsi protein dalam batas wajar dan tidak berlebihan.