Perlu Tahu, Ini 4 Makanan yang Bisa Menurunkan Daya Tahan Tubuh


Di antara fungsi utama sistem kekebalan pada tubuh adalah menjaga dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan infeksi yang rentan menyerang. Berbagai hal, seperti makanan, dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, di sisi lain, juga ada makanan-makanan yang ternyata dapat menurunkan daya tahan tubuh.

Berikut ini beberapa makanan yang bisa menurunkan daya tahan tubuh Anda, sehingga perlu diwaspadai.

Gula

Jika dikonsumsi berlebihan, gula dapat menurunkan daya tahan tubuh. Mengonsumsi gula sampai 8 sendok per hari dapat mengurangi kemampuan sel darah putih dalam menghancurkan kuman yang menyerang tubuh Anda. Berbagai produk makanan yang banyak mengandung gula antara lain permen, sirup, kue, serta aneka biskuit.

Susu dengan kadar lemak tinggi

Sebaiknya, gantilah konsumsi susu berkadar lemak tinggi dengan susu berkadar lemak rendah. Susu dengan kadar lemak tinggi dapat menurunkan daya tahan tubuh, sehingga menyebabkan tubuh Anda rentan terkena berbagai penyakit.
  
Margarin

Margarin merupakan salah satu jenis makanan yang banyak mengandung kadar lemak tak jenuh, yang mampu menurunkan sistem kekebalan tubuh yang Anda miliki.
    
Daging merah

Daging merah merupakan sumber utama lemak jenuh yang berkontribusi dalam menurunkan sistem kekebalan tubuh. Karenanya, sebaiknya mengonsumsi daging merah dalam jumlah wajar dan tidak berlebihan.