Perhatikan, Ini 4 Tanda Anda Mengonsumsi Garam Berlebihan


Garam merupakan bumbu utama yang selalu digunakan untuk berbagai jenis makanan, sebagai penguat rasa. Meskipun dibutuhkan tubuh dalam jumlah tertentu, kebanyakan asupan garam justru memicu berbagai penyakit.

Konsumsi maksimal garam tiap hari yang dianjurkan tak lebih dari 6 gram, atau sekitar 1 sendok teh. Sebagai efek jangka pendek, konsumsi garam berlebihan juga memunculkan beberapa tanda pada tubuh. Ini beberapa tanda yang harus diwaspadai.

1. Haus berlebihan

Secara umum, orang yang kebanyakan mengonsumsi garam biasanya lebih cepat haus. Rasa hausnya begitu besar dan terasa belum terpuaskan meskipun sudah minum segelas air. Jika hal ini terus terjadi berulang, sebaiknya kurangi konsumsi makanan bergaram tinggi.

2. Perut kembung

Efek lain dari terlalu banyak makan garam adalah rasa tidak nyaman pada perut. Perut akan terasa penuh dan kembung. Jika perut sering terasa kembung sehabis makan, perhatikan kembali makanan yang Anda pilih, bisa jadi mengandung garam yang tinggi.

3. Tekanan darah tinggi

Yang ini merupakan tanda nyata jika kandungan sodium dalam tubuh Anda berlebihan. Kurangi konsumsi makanan tinggi garam, dan perhatikan asupan makanan sehari-hari. Tekanan darah yang tinggi bisa memberikan efek negatif bagi tubuh, di antaranya resiko penyakit jantung dan juga stroke.

4. Organ bekerja lebih berat

Sodium yang tinggi mempengaruhi kinerja darah yang tak optimal. Efeknya, jantung akan bekerja dengan lebih berat untuk mengalirkan darah.