Penting! Ini Hal-hal yang Perlu Diperhatikan pada Label Makanan


Anda dapat menurunkan berat badan secara mudah, dengan membaca label makanan. Kenyataan itu telah dibuktikan dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal Agricultural Economics. 

Para peneliti menyatakan bahwa wanita yang rajin membaca label makanan rata-rata bisa menurunkan berat badan 4,5 kilogram daripada mereka yang tidak pernah membaca label makanan.

Namun, tentu saja, Anda tidak hanya cukup membaca label makanan dan kemudian berat badan Anda akan berkurang. Bagaimana pun, Anda juga harus tahu membuat keputusan yang tepat untuk tidak makan sembarangan atau berlebihan, agar ukuran pinggang tetap ideal. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat membaca label makanan.

Kadar sodium

Umumnya, saat membaca label makanan, orang hanya berfokus pada kadar lemak, kalori, dan karbohidrat dalam makanan. Padahal, asupan sodium juga perlu diperhatikan. Panduan dalam Dietary Guidelines for Americans menyatakan, kadar sodium harian yang aman adalah 2.300 miligram.

Kadar lemak

Sebenarnya, lemak tidak sepenuhnya buruk, karena beberapa organ tubuh kita juga membutuhkan lemak untuk tetap menjalankan fungsinya. Saat memilih makanan, yang perlu Anda pastikan pada labelnya adalah kandungan lemak jenuh maupun tak jenuh dalam jumlah yang wajar.

Kadar kalori

Bisa dibilang, semua label makanan mencantumkan jumlah kalori, dan hal itu pula yang biasanya diperhatikan banyak orang. Anda tidak perlu susah payah menghitungnya. Jika sebuah makanan mengandung 1.000 kalori atau lebih, Anda sudah pasti harus menghindarinya.

Ukuran penyajian

Biasanya, label makanan menyertakan dua jenis ukuran penyajian, yaitu keterangan pada setiap gram dan pada setiap bungkusnya. Perhatikan dengan baik keduanya, demi menjaga asupan keseluruhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.