Pada Usia Berapa Pria Memasuki Proses Penuaan? Ini Penjelasan Ahli


Penuaan dini menjadi salah satu permasalahan kulit wajah yang dikhawatirkan hampir semua perempuan di dunia. Banyak perempuan yang berusaha untuk mencegah penuaan, terutama terjadinya penuaan dini. 

Salah satu tanda penuaan dini pada pria juga terlihat dari kulit wajahnya. Semisal muncul kerutan dan flek hitam. Sama dengan pada kulit perempuan. Penuaan dini juga bisa terjadi pada pria, jika tidak melakukan perawatan wajahnya dengan benar.  

dr. Syafrizal Sharif mengatakan penuaan dini pada pria umumnya terjadi pada usia 30 tahun. "Sudah terjadi sejak usia 30 tahun, jika dimaintain dengan baik, maka penuaan dini bisa dicegah," ujarnya. 

Dia memaparkan beberapa faktor yang mempengaruhi adalah kebiasaan dan gaya hidup yang tanpa disadari mempercepat proses penuaan dini. Kebiasaan buruk seperti tidak mencukupi kebutuhan gizi, merokok, kurang tidur, kafein berlebihan, polusi udara, perubahan cuaca, stres berlebihan, terlalu lama di dalam ruangan ber-AC, dan paparan sinar matahari yang berlebihan. 

Menurutnya, karena itu, diperlukan perawatan wajah yang rutin dan benar pada pria untuk mencegah penuaan dini tersebut. Apalagi, perawatan ini bukan hanya untuk mencegah penuaan dini saja, tapi juga bisa membuat wajah terlihat lebih glowing. 

Glowing di sini, bukan diidentikkan dengan kulit yang putih. Apapun warna kulitnya, yang terpenting adalah menjaga kondisi kulit wajah agar sehat, bersih, dan terawat. Dengan demikian, wajah dapat terlihat lebih cerah dan bersinar, atau yang sekarang populer dengan istilah glowing.   

Wajah yang glowing juga umumnya membuat pria lebih menarik di mata perempuan. Selain juga pastinya wajah jadi lebih sehat. 

Penelitian dari University of Nottingham menemukan bahwa pria dengan kulit wajah sehat dan berwarna “golden” atau bersinar dinilai lebih atraktif daripada wajah berkriteria maskulin. 

“Tanpa memandang jenis kelamin, merawat kulit itu sangat penting. Pria sering nggak menyadari hal ini, padahal mereka aktif berkegiatan di luar ruangan. Sebenarnya, perawatan itu tujuannya agar kulit terlindungi dan ternutrisi dengan baik. Dengan demikian kondisi kulit bisa lebih sehat, dan menunda tanda-tanda penuaan di kemudian hari,” kata dr. Syafrizal Sharif.  

Lalu dari mana dan apa saja yang sebaiknya dilakukan oleh para pria yang sedang memulai atau ingin lebih serius merawat kulit? 

Dia menjelaskan, treatment yang bisa dilakukan pria adalah menghilangkan sel-sel kulit mati, meratakan warna kulit dan bekas luka ringan, merangsang produksi kolagen, hingga mengurangi garis halus dan bintik penuaan.  

Juga bisa berupa treatment mengecilkan pori-pori, mengurangi produksi minyak, memperbaiki tekstur, mengencangkan, mencerahkan dan melembapkan kulit.