Orang-orang yang Berbuat Tolol dan Hampir Mati demi Bisa Terkenal


Ada ungkapan terkenal di kalangan netizen, berbunyi, “stop making stupid people famous”, yang artinya kira-kira, “berhentilah membuat orang tolol jadi terkenal.”

Ungkapan itu muncul, lantaran ada banyak orang menjadi terkenal karena berbuat tolol atau berbuat bodoh, yang ditujukan demi viral dan menjadi pusat perhatian banyak orang. Akibatnya, hal itu memicu orang lain untuk berbuat serupa—sama-sama berbuat tolol, demi bisa terkenal.

Belakangan, terkait hal itu, yang sempat jadi bahan pembicaraan adalah Jay Swingler, orang yang berbuat tolol, bahkan hampir mati, karena keinginan untuk terkenal.

Youtuber yang dikenal lewat beragam aksi bebal ini hampir saja mati. Seandainya petugas pemadam kebakaran tak datang tepat waktu, atau tak cekatan menolong, habislah sudah hidupnya.

Kata 'bodoh' saja sepertinya tak cukup untuk mendeskripsikan kecerobohan Swingler. Apa faedahnya menyemen kepala sendiri di dalam microwave, hanya untuk popularitas? Cuma demi viewers.

"Dia dan gerombolannya mencampur tujuh kantong Polyfilla, kemudian ditumpahkan di sekitar kepalanya yang dibungkus plastik di dalam mircrowave," kata petugas Shaun Dakin.

Tercekik dan kesulitan bernapas, selama hampir tiga jam dia menderita dengan kepala yang tersangkut di microwave. Niscaya, perbuatannya memang ketololan yang sebaiknya tidak ditiru.