Misteri Rods, Makhluk-makhluk Aneh yang Membingungkan Ilmuwan


Perhatikan gambar atau foto di atas. Penampakan citra mirip tangkai di foto tersebut mungkin menjadi bukti terbaik adanya sebuah kehidupan asing di alam semesta. Atau, paling tidak, mereka merupakan salah satu bentuk makhluk hidup eksotik, yang sering disebut sebagai ikan langit/skyfish, karena gerakannya yang berombak-ombak pada saat mereka beterbangan di langit.

Namun, semuanya masih sebatas dugaan, informasi sesungguhnya mengenai identitas mereka masih merupakan sebuah misteri.

Bentuk-bentuk aneh yang sering disebut "Rods/flying Rods" ini pertama kali terekam kamera dengan tidak sengaja oleh Jose Escamilla, di pertengahan tahun 1994 silam, yang berlokasi di New Meksiko.

Mereka mempunyai gerakan yang terlalu cepat untuk dilihat dengan mata telanjang. Tetapi, setelah rekaman video diputar dengan gerakan lambat, baru bisa disaksikan bentuk tubuh mereka yang sangat mempesona.

Memiliki semacam selaput tipis memanjang tepat di pinggir badan panjangnya yang sering terlihat seperti gerakan bergelombang sewaktu mereka berterbangan, serta kemampuannya untuk menekuk tubuh dan terbang secara luwes di udara, merupakan salah satu ciri lainnya.

Pada umumnya, panjang tubuh makhluk-makhluk ini sangat bervariasi, mulai dari 5 inci sampai 1 meter panjangnya. Para Rods sepertinya menunjukkan bahwa mereka memiliki semacam kecerdasan, mereka sering saling mengelakkan tubuh sewaktu akan bertubrukan satu sama lain.

Satu hal yang sering membuat kagum banyak orang adalah kemampuan mereka yang dapat beterbangan dengan formasi yang saling berurutan dan begitu tertur.

Orang-orang yang skeptis menegaskan bahwa para Rods tak lebih dari hama atau burung yang terbang sangat dekat dengan lensa kamera pada saat pengambilan gambar, dan itu mungkin benar di beberapa kasus. 

Tetapi di beberapa kasus lain, dari hasil tayangan gerakan lambat bisa dibuktikan dugaan itu benar atau salah. Tidak mungkin seekor burung maupun hama seperti belalang dan semacamnya mempunyai bentuk tubuh seperti itu.

Lalu, siapakah sebenarnya mereka?

Sampai saat ini, para peneliti belum ada yang memiliki kepastian mengenai identitas mereka. Penelitian dirasa terhambat karena obyek yang akan diteliti tidak pernah ada di hadapan mereka.

Mungkin jika ada jasad Rods yang mati pernah ditemukan, setidaknya misteri mereka bisa sedikit terkuak. Namun, sayang hal itu belum pernah ada, atau paling tidak belum pernah ditangkap.

Maka dari itu, banyak orang percaya bahwa mereka bukan berasal dari planet ini, mungkin sejenis Extra-Terestrial.

Sudah banyak usaha yang dilakukan untuk menangkap makhluk-makhluk misterius itu, namun hasilnya masih nihil. Para Rods selalu berhasil menghindar dari beberapa perangkap jala besar yang dipersiapkan untuk menangkap mereka. Tidak ada satu pun dari mereka yang benar-benar masuk ke dalam perangkap.

Atau mungkinkah mereka hanyalah ilusi optik yang ditimbulkan ketidaksempurnaan kecepatan perekaman obyek oleh video kamera?