Misteri Flying Dutchman, Kapal Hantu yang Terombang-ambing di Tengah Laut


Peristiwa ini terjadi pada tahun 1641, ketika Hendrik van der Decken (seorang kapten kapal) bersumpah akan mengelilingi lautan hingga kiamat. Dia memang melakukan sumpahnya, dan pergi ke lautan lepas bersama awak kapal dan anak buahnya.

Sejak itu, sosoknya tak pernah terlihat lagi. Nasibnya pun tak diketahui. Namun, banyak saksi mengatakan, bahkan berani bersumpah, mereka sering melihat kapal si kapten, yang dikenal dengan sebutan The Flying Dutchman, tiba-tiba berada di perairan, lalu menghilang. 

Kadang kapal hantu itu begitu dekat dengan kapal mereka, sehingga mereka bisa melihat jelas. Para pelaut menyebut, penampakan kapal hantu The Flying Dutchman sebagai pertanda buruk bagi kapal yang melihatnya. Bukan karena kapal hantu itu yang mereka takuti, tapi bencana buruk yang bakal menimpa jika melihat penampakan kapal hantu tersebut.

Salah satu contohnya adalah ketika kapal hantu itu muncul, dan disaksikan para awak kapal Raja Inggris, George V, pada 1881. Beginilah kesaksian yang ditulis:

“Pada pukul 4 AM, Flying Dutchman melintas di depan kami. Sungguh aneh, semua lampu di kapal itu menyala terang benderang berwarna merah, di tengah-tengah ada tiang-tiang yang menyala”.

Pagi harinya, para pelaut yang menjadi saksi mata penampakan Flying Dutchman tewas misterius.