Misteri 4 Wanita Gaib dalam Legenda Indonesia


Sebagian masyarakat Indonesia percaya bahwa di dasar Laut Selatan ada sebuah kerajaan yang tak kasatmata, dan kerajaan itu dipimpin oleh seorang wanita cantik yang disebut Ratu Pantai Selatan. Dalam bahasa yang berbeda, sosok ratu itu disebut Nyi Roro Kidul.

Meski bisa dibilang sosok penguasa di dasar laut itu tidak pernah jelas menampakkan diri, namun Ratu Pantai Selatan dipercaya banyak masyarakat sebagai sosok yang benar-benar ada. Hal-hal semacam itu—kepercayaan pada suatu legenda—bisa dibilang ada di berbagai negara. Di Indonesia, setidaknya ada empat wanita gaib dan misterius yang sangat terkenal. Berikut ini uraiannya.

Kanjeng Ratu Kidul

Kanjeng Ratu Kidul merupakan tokoh wanita yang dipercaya sebagai penguasa alam gaib. Istana ratu ini konon berada di pantai selatan pulau Jawa, sehingga banyak masyarakat yang menyebut dan memanggilnya Ratu Penguasa Pantai Selatan.

Ada yang mengatakan bahwa Ratu Kidul adalah wanita yang berasal dari Sunda, Jawa, atau Bali. Ada pula yang mengatakan wanita misterius ini adalah Dewi Nawang Wulan, yaitu bidadari yang menjadi istri Jaka Tarub.

Nyi Roro Kidul

Dalam cerita rakyat yang beredar, Nyi Roro Kidul atau biasa disebut Putri Lara Kadita adalah seorang putri kesayangan yang paling dicintai ayahnya, yaitu Prabu Siliwangi. Selain cantik dan memikat, Putri Lara Kadita dikenal berbudi mulia.  Namun, kedekatan dengan ayahnya menimbulkan iri dan dengki dari para selir Prabu Siliwangi.  

Sang Putri akhirnya terusir dari istana ayahnya, dan selanjutnya dia berjalan menuju ke selatan, dan kemudian bertapa. Dalam pertapaan tersebut, sang Putri mendapat bisikan gaib untuk terjun ke laut selatan, agar bisa mendapat kesaktian luar biasa.

Nyi Blorong

Menurut mitos yang beredar di masyarakat, Nyi Blorong adalah sosok wanita gaib yang misterius. Dia dipercaya menyebarkan kesesatan kepada manusia untuk mencari kekayaan lewat pesugihan. 

Konon, sosoknya berbentuk seperti manusia berbadan ular. Namun, cerita yang beredar ada yang mengatakan bahwa Nyi Blorong merupakan putri raja yang bernama Nyimas Dewi Anggatasari, yaitu cucu raja dari Kerajaan Caringin XI.

Mak Lampir

Mak Lampir, atau yang juga dikenal dengan sebutan Nenek Lampir, adalah legenda masyarakat di kaki Gunung Marapi, di daerah Sumatra Barat. 

Legenda ini berkaitan erat dengan kisah Legenda 7 Manusia Harimau, yang juga berasal dari tempat yang sama. Konon, Mak Lampir adalah seorang putri yang aslinya berasal dari kerajaan kuno di daerah Champa. 

Kemudian dia dibuang karena telah mencintai kepala pengawalnya, yaitu Datuk Panglima Kumbang. Sang putri pun sedih, dan kemudian menyepi ke puncak Gunung Merapi, hingga memiliki kesaktian tiada tanding.