Menguak Asal Usul Nama James Bond, Sang Agen 007 yang Terkenal di Dunia


James Bond adalah tokoh ikonik yang memerankan sosok agen rahasia Inggris. Sejak pertama kali diperkenalkan melalui novel yang ditulis Ian Fleming, James Bond segera mendapat tempat di hati banyak orang. Popularitas James Bond makin melesat dan populer di dunia, setelah diangkat ke layar lebar, dan diperankan oleh aktor-aktor terkenal.

Yang mungkin masih jarang diketahui kebanyakan orang, nama James Bond sebenarnya diambil dari nama orang sungguhan. 

James Bond adalah nama seorang ornithologist (saintis/ilmuwan yang meneliti burung) berkebangsaan Amerika. James Bond sungguhan bekerja untuk Philadelphia’s Academy of Natural Science dari tahun 1920 hingga 1989. James Bond menulis beberapa buku tentang burung-burung yang ditelitinya.

Penulis James Bond, Ian Flemming, menginginkan sebuah nama yang membosankan, sehingga ia memilih nama James Bond, yang kabarnya ia ketahui dari melihat buku yang ditulis oleh ornithologist tersebut. Film James Bond kemudian menuai popularitas luar biasa.

Namun, hal ini justru menyulitkan bagi James Bond sungguhan. Namanya dianggap sebagai nama main-main. Suatu hari ia dihentikan di bandara oleh petugas pemeriksaan, dan paspornya dianggap palsu karena menuliskan nama James Bond.