Mengenal Leinster, Kota yang Aman dan Damai Tanpa Kejahatan


Di dunia yang makin kacau, tingkat kejahatan atau kriminalitas mengalami peningkatan di banyak tempat. Bukan hanya di kota-kota besar, aksi kriminalitas juga makin banyak terjadi di kota-kota kecil. Dari aksi pencurian sampai kejahatan-kejahatan yang lebih besar. Masihkah ada kota yang aman, damai, tanpa aksi kejahatan?

Ternyata masih ada. Salah satu kota yang penuh kedamaian tanpa aksi kriminalitas adalah Leinster, sebuah kota gurun yang terletak sekitar 1.000 km dari Perth, Australia. 

Semua orang yang tinggal di Leinster memiliki pekerjaan, rumah, dan akses gratis ke gym, supermarket, kafe, serta kolam renang setempat. Bukan hanya hampir tidak ada kriminalitas di kota ini, warga juga tidak memiliki kredit dengan memberikan jaminan tertentu atau hipotek. 

"Ini adalah oase di gurun," kata Naomi Maher, yang pindah ke Leinster bersama keluarganya sekitar dua tahun lalu. Maher pindah karena suaminya harus bekerja di pertambangan di sekitar kota tersebut. 

"Ketika Anda terbang (dengan pesawat) dan semua yang bisa Anda lihat adalah pepohonan (di antara gurun), di situlah Anda tahu sedang berada di Leinster," ucapnya. 

Berdasarkan data statistik dari kepolisian Australia Barat, hanya ada tiga tindakan kriminal yang tercatat sejak Juli tahun lalu di Leinster. Tiga tindakan kriminal itu seluruhnya merupakan aksi pencurian. Tindak kejahatan di Leinster jauh lebih kecil dibandingkan dengan kota seukurannya, seperti Leonora, di mana ada 183 kasus kriminalitas pada periode yang sama. 

Leinster ditemukan pada 1976 karena dibukanya penambangan di sekitar wilayah itu. Namun, kota itu kini menjadi kota tertutup dengan penduduk permanen sebanyak 500 orang. Itu berarti, Anda perlu menjadi karyawan atau kontraktor di perusahaan pertambangan global BHP untuk bisa tinggal di Leinster. 

Sejak pindah ke Leinster, Maher terjun ke komunitas dan menjadi relawan di sekolah dan tempat penitipan anak. 

"Kota ini tidak untuk semua orang. Ini gaya hidup yang sulit. Kendati kita semua bersatu, tapi semua orang bekerja 12 hingga 14 jam sehari," ujarnya. 

Glenn Palman, supervisor di pertambangan nikel, mengatakan Leinster merupakan lokasi yang tepat untuk membesarkan anak. 

"Kota ini sangat bagus untuk anak-anak. Mereka punya akses bebas ke kolam renang dan pusat kebugaran, serta semua fasilitas gratis di kota ini luar biasa," katanya. 

Namun, kota tersebut tetaplah memiliki keterbatasan. Banyak keluarga di Leinster mengirim anak-anak mereka kel luar kota setelah mereka lulus dari sekolah dasar.