Mengenal Deep Web di Internet dan Cara Memasukinya


Bisa jadi, Anda sudah mendengar istilah deep web, namun selama ini belum pernah melihatnya. Sebagai bagian dari internet, deep web memang ada di internet. Namun, tidak bisa diakses secara mudah sebagaimana internet yang selama ini kita kenal. Karenanya, deep web bisa dibilang “bawah tanah internet”.

Untuk memahami deep web secara lebih mudah, bayangkan saja kehidupan kita di dunia nyata. Segala kehidupan yang kita lihat di atas tanah adalah umpama internet yang selama ini kita kenal. Sementara deep web adalah umpama kehidupan lain yang ada di bawah tanah yang kita pijak. 

Karenanya, meski kita mudah menyaksikan kehidupan di atas tanah, kita kesulitan menyaksikan kehidupan di bawah tanah, khususnya jika tidak tahu pintu untuk memasukinya.

Internet yang kita kenal adalah internet yang dapat diakses menggunakan mesin pencari seperti Google, Bing, atau semacamnya. Sebaliknya, deep web tidak bisa dicari dengan cara semacam itu. Karenanya, para pengguna internet yang masih awam biasanya kesulitan untuk dapat mengakses deep web.

Yang mengejutkan adalah, internet yang kita kenal selama ini sebenarnya hanya 4 persen dari keseluruhan internet yang ada. Jika 4 persen yang hanya kita kenal, lalu ke mana yang 96 persen? Jawabannya ada di deep web. Karena itulah, deep web jauh lebih luas dibanding internet yang kita tahu.

Lalu mengapa deep web sulit diakses? Setidaknya ada beberapa latar belakang terkait hal itu, dan berikut ini di antaranya:

Deep web menggunakan teknik yang namanya TOR (The Onion Router), yang sebenarnya adalah peralatan komunikasi militer di awalnya, untuk menjaga pesan tetap aman, dengan kemampuan enkripsi yang dimiliki alat tersebut.
  • Banyak mengandung konten berbahaya untuk komputer (virus dan malware).
  • Banyak hacker yang berkeliaran untuk mencuri data internet Anda.
  • Banyak konten dewasa dan radikalisme di dalamnya.

Sebenarnya masih banyak lagi alasan kenapa deep web harus dienkripsi atau sulit diakses orang awam. Tapi, kalau Anda memang penasaran untuk melihat dan mengetahui deep web, Anda bisa memperhatikan hal berikut ini:

Jangan menggunakan komputer dengan sistem operasi Windows, karena sistem keamanan Windows sudah diketahui banyak hacker sehingga mudah ditembus. Gunakan Linux OS atau turunannya, seperti OS Tails.

Gunakan browser TOR yang memang dibuat khusus untuk konten deep web. Kalau pakai Mozilla atau Chrome, Anda pasti akan kesulitan atau bahkan tidak bisa sama sekali.

Anda harus menggunakan VPN (Virtual Private Network) agar bisa melakukan masking alamat IP untuk melindungi komputer dan data Anda di dalamnya.

Pastikan Anda tidak terpancing dengan link-link iklan dari sebuah halaman situs di deep web. Apalagi kalau itu adalah link download, yang bisa saja berisi malware atau virus untuk menginfeksi komputer Anda.

Gunakan mesin pencari seperti DuckDuckGo, 0day Forum, Hidden Wiki, serta Jabber, di browser TOR Anda untuk mengakses konten deep web.