Mengapa Wanita Lebih Cepat Dewasa Daripada Pria? Ini Penjelasannya


Jika Anda seorang pria berusia 25 tahun, dan memiliki teman wanita berusia 25 tahun pula, kemungkinan besar teman wanita Anda lebih dewasa—secara mental dan pemikiran—daripada Anda yang pria. Kenyataan ini sebenarnya sudah diketahui bersama, bahwa nyatanya memang wanita lebih cepat dewasa dibanding pria.

Dr Jess Shatkin, psikiater anak dan remaja dari Child Study Center di NYU Langone Medical Center, juga membenarkan kenyataan itu. Bahwa proses pendewasaan pikiran cenderung muncul lebih awal pada perempuan dibanding laki-laki.

Mengapa wanita lebih cepat dewasa daripada pria? 

Setidaknya ada empat fakta yang mendasarinya. Pertama, otak perempuan lebih cepat menyusut (dengan memangkas hal-hal yang tidak dibutuhkan otak); kedua, perempuan lebih sensitif merespons rasa; ketiga, perempuan lebih dini mengalami pubertas; dan keempat, tempaan keadaan sosial yang dialami perempuan.

Melengkapi pernyataan tersebut, penelitian di Inggris juga menemukan, laki-laki mengalami pendewasaan 11 tahun lebih lambat dibanding perempuan. Sementara perempuan telah dewasa di usia 32, rata-rata lelaki baru mengalami pendewasaan di usia 43. 

Hal ini tidak terlepas dari peran prefrontal korteks laki-laki—bagian otak yang terus tumbuh dan terletak di belakang dahi—yang memang berkembang lebih lambat dibanding perempuan.