Mengapa Kata Sapaan ‘Moshi’ Harus Disebut Dua Kali? Ini Penjelasannya


Di Jepang, kata “Moshi Moshi” digunakan untuk mengatakan “Halo” ketika sedang menelpon atau menyapa. Yang menjadi pertanyaan, mengapa kata “moshi” harus diucapkan dua kali? Kenapa tidak sekali saja, toh artinya sudah sama? 

Berdasarkan sejarahnya, mengucapkan “moshi Moshi” dua kali adalah cara untuk membuktikan bahwa kamu bukan hantu. Karena, apabila hantu menyapa, mereka biasanya hanya dapat mengucapkan “moshi” satu kali.

Bagaimana asal usul istilah “you’re fired”?

Orang-orang Skotlandia pada millenium pertama mempunyai kesepakatan untuk mengusir orang yang tak mereka kehendaki dari kampung mereka, dengan jalan membakar rumah orang tersebut, tanpa memberi peringatan sebelumnya. 

Dari situlah lahirnya istilah “get fired” yang biasa ditujukan untuk orang yang dikeluarkan secara paksa dari organisasi.

Bagaimana asal usul istilah “good night, sleep tight”?

Zaman dulu, di Inggris, matras untuk tidur biasanya diikat ujung-ujungnya dengan tali, yang dikaitkan kerangka tempat tidur. Ketika seseorang hendak tidur, tali-tali tersebut ditarik, hingga matras menjadi lebih kencang, lebih “firm” untuk tidur. Dari situlah lahir ekspresi “Good night, sleep tight”.