Mengapa Drama Korea Sukses di Dunia? Ini Rahasia Sukses di Baliknya


Saat ini, drama Korea (drakor) menjadi hiburan yang banyak digemari oleh banyak orang di seluruh penjuru dunia. Produk hiburan asal Korea Selatan itu berhasil menarik perhatian penonton dari segala kalangan, mulai dari remaja, dewasa, perempuan, hingga laki-laki.

Tak sedikit orang mampu menghabiskan banyak waktu untuk menyelesaikan satu drakor. Selain menyajikan jalan cerita yang menarik, drakor juga didukung oleh hal-hal istimewa lainnya. Lantas apa saja keistimewaan drama Korea?  

Alur Cerita yang Unik dan Tak Terduga

Drama Korea dikenal karena alur cerita yang ditawarkan unik sehingga membuat penontonnya terus dibuat penasaran setiap episodenya. Mengutip dari metro.style., genre dari drama Korea pun beragam, mulai dari melodrama, sejarah, fantasi, horor, thiller, hingga komedi-romantis. Setiap drama Korea pun tidak selalu memiliki akhir yang bahagia,

Lokasi Syuting yang Indah

Lokasi turut menyumbang keberhasilan dalam drama Korea, Tak jarang, beberapa drama Korea menampilkan banyak lokasi, sekolah, rooftop, apartemen, pantai, taman kota, dan sebagainya. 

Dilansir dari metro.style, latar-latar tempat ini nantinya akan membantu memperkuat alur cerita dan karakter dari drama Korea dalam ingatan penonton. Tak jarang, saking ikoniknya suatu latar tempat di drakor, membuat banyak penggemar drakor ingin mengunjungi lokasi tersebut di dunia nyata.

Hidangan Khas Korea yang Lezat

Dilansir dari klook.com, salah satu adegan yang tidak pernah ketinggalan dari drama Korea adalah para pemeran yang memakan atau membicarakan kuliner Korea. Adegan makan biasanya dilakukan pemain, baik sendiri maupun bersama-sama. 

Kenikmatan para pemain drakor ketika makan berhasil membuat penonton ikut lapar atau penasaran untuk mencicipi makanan yang ditampilkan Beberapa makanan yang kerap muncul antara lain kimchi, tteokbokki, jjangmyeon, dan mi kuah ramyeon.

Original Soundtrack (OST)

Untuk menyempurnakan kesan suasana setiap adegan, drama korea tidak luput menyiapkan soundtrack yang cocok. Dikutip dari 90daykorean.com, melodi setiap lagu soundtracknya pun disesuaikan dengan kondisi suasana. 

Meskipun para penonton tidak mengetahui maknanya, tetapi uniknya, penonton berhasil larut merasakan feel dari lagu OST drama bahkan terus terngiang.

Para pemeran yang cantik dan tampan

Salah satu faktor pendukung kesuksesan drama Korea adalah para pemerannya, sebagaimana dikutip dari theculturetrip.com. Selain kemampuan akting yang baik, paras pemeran turut memengaruhi kesuksesan drama korea. Tak jarang beberapa penggemar dibuat terpana akan kecantikan atau ketampanan para pemain drakor.