Mengapa Bebek Tidak Kedinginan Saat Berdiri di Atas Es? Ini Jawabannya


Bayangkan kita berdiri di atas es atau salju selama beberapa menit. Hampir bisa dipastikan, kita akan kedinginan. Rasa dingin itu berawal dari telapak kaki kita, yang lalu merambat ke bagian atas tubuh. 

Telapak kaki kita menyerap dingin dari es yang kita injak, karena adanya aliran darah. Lalu kenapa bebek bisa berdiri di atas es sampai lama tanpa terlihat kedinginan?

Bebek adalah hewan yang tangguh. Mereka telah mengembangkan anatomi tubuh yang sangat spesifik untuk digunakan di danau musim dingin, dan menyesuaikan lingkungan berair dingin mereka.

Sudah menjadi pengetahuan umum kalau bebek memiliki kaki berselaput. Tetapi, ternyata, bebek dapat membatasi aliran darah ke kakinya. Ketika suhu turun, lebih sedikit darah akan mengalir ke kaki bebek. Ini adalah alasan mengapa bebek dapat berenang di air yang dingin, dan berdiri dengan nyaman di atas es.

Kaki bebek juga akan berubah warna selama musim kawin. Sama seperti pantat babon merah, kaki bebek akan membengkak dan berubah menjadi merah terang, ketika mereka mulai berpasangan. Kedua kaki jantan dan betina akan berwarna merah sampai musim panas.