Mengapa Banyak Orang Suka Warna Biru? Ini Penjelasan Ilmiahnya


Apa warna favorit Anda? Mungkin hitam, mungkin merah, mungkin hijau, atau mungkin pula warna lainnya. Tetapi, hampir bisa dipastikan, Anda juga memiliki beberapa hal—khususnya busana atau pakaian—berwarna biru. 

Ada banyak orang yang tidak menjadikan biru sebagai warna favorit, tetapi punya pakaian berwarna biru, aksesoris berwarna biru, dan lain-lain. Sadar atau tak sadar, banyak orang yang sebenarnya menyukai warna biru. Mengapa? Selain tak ketinggalan zaman, warna biru juga melambangkan hal-hal positif.

Coba lihat lagi koleksi baju Anda di lemari pakaian. Selain warna hitam dan putih, apakah ada banyak pakaian berwarna biru di dalamnya? Kalau ya, berarti Anda termasuk orang yang memiliki kepribadian dengan perasaan-perasaan positif. 

Dalam psikologi warna, biru memainkan peran penting dalam memengaruhi kepribadian seseorang. Warna yang identik dengan langit, laut, dan air ini membawa banyak perasaan positif, seperti ketenangan, kedamaian, keamanan, kepercayaan, dan kesetiaan. 

Karena itu pula, warna biru banyak digunakan di dunia fashion. Meski sudah tidak menjadi tren, pada dasarnya warna tersebut adalah favorit sepanjang zaman. Selain cocok dipadupadankan dengan warna lain, biru juga dipercaya bisa memberi efek menenangkan bagi pemakainya, sehingga dapat menjaga mood sekaligus anti-mati gaya. 

Jadi, tak heran kalau pesohor dunia rajin terlihat memakai warna biru. Sebut saja Kate Middleton yang sering tertangkap kamera sedang memakai busana biru di berbagai kesempatan. 

Dalam sebuah foto, Kate pernah terlihat mengenakan atasan kaus berwarna biru tua dengan aksen garis-garis putih. Pakaian dengan lengan setengah panjang itu dipakai saat Festival Polo Gloucestershire di London. Agar terkesan lebih kasual, Kate memakai skinny jeans berwarna senada. 

Di lain acara, ia lagi-lagi memakai busana dengan warna sama, termasuk pada acara formal seperti gelaran tahunan kerajaan, Royal Variety Performance. Kali itu, ia tampil anggun mengenakan gaun berwarna ice-blue dengan payet indah di atasnya. 

Pemakaian busana berwarna biru sebenarnya pernah dibahas oleh Leatrice Eiseman, seorang konsultan warna dan penulis buku More Alive With Color, yang pertama kali diterbitkan oleh Capital Books. Ia bilang, biru cocok untuk dipakai baik dalam acara formal maupun non-formal. 

Eiseman menyarankan, khusus acara formal, sebaiknya gunakan busana dengan warna biru tua. Sementara itu, nuansa biru muda bisa dipilih untuk acara non-formal. 

Aksesori dan pelengkap fashion 

Selain pakaian, warna biru juga banyak diaplikasikan pada aksesori. Kate Middleton pernah pula jadi sorotan ketika mengenakan kalung berlian berwarna biru dalam sebuah acara penggalangan dana di London, Inggris, pada empat tahun silam. Kalung jenis choker itu ia padu padankan dengan anting berlian model tear drop berwarna senada. 

Tentu saja, semua aksesori ini semakin terlihat menawan, karena Kate mengenakan dress anggun rancangan Jenny Packham yang juga berwarna biru. Pada dasarnya, seseorang yang sengaja memakai busana, mulai dari pakaian, hingga aksesori berwarna senada, bertujuan agar tampilannya terkesan serasi. 

Pakaian, baik kasual maupun formal, terlihat pas jika dipadupadankan dengan item fashion berwarna senada, seperti sepatu, syal, topi, dan dompet, bahkan gadget yang kini telah menjadi tren sebagai pelengkap fashion.