Mengandung Antioksidan Tinggi, Ini Aneka Manfaat Buah African Mango


African mango—atau yang juga disebut ango—adalah buah endemik asal Afrika, tepatnya di daerah Kamerun. Ango memiliki bentuk yang mirip dengan mangga seperti yang kita kenal selama ini, karenanya buah ini pun disebut African mango, atau mangga Afrika.

Masyarakat lokal Kamerun biasa mengonsumsi ango, sebagaimana kita di Indonesia biasa mengonsumsi mangga. Yang unik, ango menarik perhatian banyak pakar kesehatan akhir-akhir ini, karena dapat membantu diet.

Ango mengandung serat yang sangat tinggi. Kandungan serat tinggi itu diketahui membuat seseorang mampu menahan lapar dalam waktu lebih lama. Hal itu dimungkinkan, karena adanya kandungan zat dalam ango, yang disebut Gabonesis irvingia. 

Zat itu membantu memicu produksi enzim leptin, yang mampu meningkatkan pengaturan pada otak terkait rasa lapar. Dengan meningkatnya produksi leptin, otak akan mengidentifikasi munculnya rasa kenyang lebih lama, sehingga orang tidak cepat merasa lapar.

Karena mampu menahan lapar lebih lama, maka secara tidak langsung orang pun tidak akan terlalu banyak mengonsumsi makanan atau ingin ngemil, yang akhirnya akan berpengaruh pada berat badan. Hal itulah yang menjadikan ango mulai dikenal, karena dianggap berkhasiat dalam hal membantu menurunkan berat badan, sekaligus menjaga berat badan tetap ideal.

Selain membantu merasakan kenyang dalam waktu lebih lama, ango juga diketahui memiliki beberapa manfaat lain terkait kesehatan, di antaranya berikut ini:
  • Meningkatkan metabolisme tubuh
  • Memperlancar proses pencernaan dalam tubuh
  • Mampu membantu menghilangkan racun dalam tubuh
  • Dapat meningkatkan asupan energi bagi tubuh
  • Mengandung antioksidan yang sangat tinggi
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Mencegah beberapa penyakit, seperti stroke, jantung, dan diabetes
  • Tidak menimbulkan efek samping berbahaya

Karena kemampuannya dalam membantu diet serta menjaga kesehatan, ango pun menarik perhatian banyak pihak, hingga sekarang telah muncul obat-obatan dan suplemen herbal yang dibuat dengan menggunakan esktrak buah ango.