Menawan Sekaligus Menakutkan, Ini 5 Hantu Tercantik dari Berbagai Negara


Di berbagai tempat, di berbagai kebudayaan, muncul kepercayaan terkait hantu, yaitu makhluk yang bukan manusia namun kadang mirip manusia. Umumnya, hantu diilustrasikan sebagai roh dari manusia yang telah mati. Dalam banyak kebudayaan, hantu umumnya merujuk pada suatu bentuk yang menyeramkan, dan mengganggu kehidupan manusia, namun ada juga yang membantu manusia. 

Meski begitu, tidak semua hantu digambarkan menyeramkan. Pada cerita-cerita rakyat, sebagian hantu digambarkan sebagai wanita cantik. Meski kadang pula penggambaran cantik itu merupakan penyamaran hantu bersangkutan dalam upaya memikat atau menjerat manusia yang akan menjadi sasarannya.

Ada cukup banyak hantu perempuan yang digambarkan memiliki rupa cantik. Dari berbagai hantu cantik yang ada di dunia, berikut ini lima hantu yang dianggap paling cantik.

Rusalki 

Rusalki adalah hantu dari cerita rakyat Rusia dan Ukraina, yang menampakkan wujud mereka di dekat air atau pepohonan.

Diceritakan bahwa Rusalki adalah seorang perempuan yang bunuh diri dengan menenggelamkan dirinya, karena hubungan gelap dan ditinggal oleh pasangannya. Beberapa cerita menceritakan bahwa Rusalki tenggelam bersama anak hasil hubungan gelapnya.

Harionago

Harionago adalah hantu dari Jepang, yang digambarkan sebagai wanita cantik dengan rambut panjang menjulur untuk memikat para pria. Dalam perburuannya mencari pria, mereka berubah menjadi wanita cantik yang tertawa. Jika si pria ikut tertawa, Harionago akan berubah menjadi wujud aslinya yang mengerikan.

Banyak orang di Jepang meyakini bahwa Harionago itu nyata, dan sering berkeliaran di Prefektur Ehime di pulau Shikoku.

La Llorona

La Llorona dalam bahasa Meksiko artinya "Menangis". Banyak sekali versi cerita La Llorona.

Cerita yang paling populer mengisahkan, bahwa La Llorona adalah wanita cantik bernama Marry yang melakukan hubungan gelap dengan seorang pria, dan memiliki anak dari hasil hubungan gelap tersebut. Setelah lama menjalin hubungan asmara, sang pria pergi meninggalkan Marry dan anak-anaknya.

Marry yang ditinggal menjadi marah, dan menenggelamkan anak-anaknya. Saat Marry meninggal, dipercaya bahwa roh Marry tidak diizinkan memasuki surga, kecuali ia menemukan anak-anaknya yang telah dibunuhnya. Sekarang, Marry kembali ke bumi dan mencari anak-anaknya sambil menangis.

Kandole

Kandole datang dari Indonesia, tepatnya Sulawesi Tenggara, digambarkan sebagai wanita dengan paras cantik yang tinggal di hutan belantara Sulawesi.

Kandole dikisahkan sebagai wanita cantik yang diperkosa dan dibantai di daerah tersebut. Roh Kandole tidak tenang, dan mencari pria-pria yang telah membunuhnya untuk balas dendam. 

Yuki Onna

Satu lagi yang datang dari negeri Matahari Terbit. Yuki Onna adalah hantu yang berparas cantik, memakai kimono, wajahnya putih bersih, dan hanya muncul pada musim salju

Yuki Onna muncul untuk memikat para pria untuk membunuhnya, tapi kadang justru Yuki Onna membantu para pria yang tersesat saat salju turun lebat.

Ada sebuah kisah unik, saat Yuki Onna mau membunuh seorang pria, namun ia membiarkan pria tersebut hidup, dan mengancam akan membunuh pria itu jika memberitahu orang lain mengenai keberadaan Yuki Onna. Bertahun-tahun setelahnya, pria tersebut menikah dengan Yuki Onna, memiliki anak, dan hidup bahagia.