Menakjubkan, Jalan Raya Ini Menembus Gedung Bertingkat


Dalam urusan teknologi, Jepang memang hebat. Seperti salah satu slogan perusahaan otomotif Jepang, “Inovasi Tiada Henti”, mereka memang tak pernah berhenti melakukan inovasi, khususnya dalam hal teknologi. 

Hasilnya memang mau tak mau dunia harus mengakui kehebatan Jepang dalam hal yang satu ini, dan Jepang pun telah ditahbiskan sebagai negara nomor satu di Asia dalam kehebatan teknologi.

Kali ini, Jepang tidak hanya unjuk gigi dalam dunia otomotif atau dunia elektronik, tetapi juga dalam hal konstruksi bangunan. Bayangkan, mereka membangun jalan raya yang menembus gedung bertingkat! Sebuah pemikiran tingkat tinggi yang nyaris tak terbayangkan bagi banyak orang!

Inovasi yang mengagumkan ini, kemungkinan besar dilandasi kenyataan karena semakin padatnya jalan raya di Osaka, Jepang. Sebagai sebuah kota besar yang terkenal, lalu-lintas di Osaka sangat padat, sehingga para ilmuwan dan arsitek pun kemudian menciptakan inovasi yang satu ini. Jalan raya unik ini merupakan jalan raya pertama di dunia yang menembus gedung.

Jalan raya yang hebat ini berkonsep highway atau bebas hambatan, dan dibangun melintas bercabang, menembus salah satu gedung perkantoran bertingkat yang berdiri di sana. Jalan ini tepat berada di lantai 5 sampai lantai 7 di dalam gedung tersebut. Dengan kata lain, konstruksi jalan raya ini membelah gedung bertingkat itu!

Mungkin, Jakarta sudah perlu memikirkan teknologi unik ini untuk dapat mengurangi kepadatan jalan raya di ibu kota.