Manfaat Duku, Mencegah Penuaan Dini sampai Menjaga Kesehatan Gigi (Bagian 2)


Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Manfaat Duku, Mencegah Penuaan Dini sampai Menjaga Kesehatan Gigi – Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Buah duku juga mengandung serat yang memiliki manfaat dalam melancarkan pencernaan dan mencegah kanker kolon. Selain dapat dinikmati sebagai buah segar, duku juga bisa dimanfaatkan sebagai isi puding, selai, dan lainnya. Berikut ini uraian manfaat duku, terkait dalam hal kesehatan.

Sumber antioksidan

Kandungan vitamin C dalam duku berperan sebagai antioksidan. Antioksidan adalah nutrisi yang bermanfaat dalam menghindarkan tubuh dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas. Antioksidan juga berperan dalam menghindarkan tubuh dari kerusakan yang diakibatkan polusi maupun zat beracun.

Mencegah penuaan dini

Salah satu penyebab penuaan dini adalah radikal bebas. Seperti yang disebut di atas, duku mengandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan, dan berperan dalam menangkal radikal bebas. Vitamin C juga bermanfaat dalam melindungi protein lipid, asam nukleat, dan karbohidrat dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas maupun polusi atau racun.

Menjaga kesehatan gigi

Duku mengandung fosfor yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan gigi, serta menguatkannya. Rutin mengonsumsi duku—ditambah stroberi—bisa menjaga kesehatan gigi, serta menjauhkan dari masalah yang biasa terkait dengan gigi. Selain itu, kandungan vitamin C dalam duku juga bermanfaat dalam memelihara kesehatan gusi.

Meningkatkan sistem kekebalan

Sistem imun atau kekebalan tubuh dapat dibantu dengan vitamin C. Dalam hal ini, duku mengandung vitamin C, sehingga dapat membantu menjaga kekebalan tubuh agar tetap sehat, atau dapat dimanfaatkan bagi orang yang sedang dalam masa pemulihan setelah sakit. 

Menurunkan berat badan

Saat dikonsumsi, duku akan membantu tubuh untuk mendapatkan carnitine. Carnitine akan mengarahkan molekul lemak ke jaringan pembakaran lemak. Molekul lemak perlu diperhatikan siapa pun yang sedang berupaya menurunkan berat badan, karena—jika terjadi kekurangan molekul lemak—tubuh akan mudah lelah dan kurang energi. 

Jadi, jika carnitine dalam tubuh berkurang, maka akan terjadi penimbunan lemak. Karena duku membantu tubuh memproduksi carnitine, maka timbunan lemak akan dapat dihindari.

Melancarkan sistem pencernaan

Kandungan serat tinggi dalam duku memiliki khasiat dalam melancarkan pencernaan. Selain itu, duku juga dapat membantu mencegah kanker pada saluran pencernaan. Kandungan kalori, mineral, serta zat besi, pada duku juga lebih banyak jika dibandingkan dengan apel atau jeruk manis.

Menjaga kesehatan kulit

Menjaga kesehatan kulit tidak bisa dilepaskan dari vitamin E. Duku mengandung vitamin E yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit. 

Beberapa manfaat yang dihasilkan vitamin E dalam duku di antaranya adalah mencegah penuaan dini, menghaluskan serta melembutkan kulit, menjaga kelembapan kulit, menjaga kulit dari sinar UV matahari, dan membantu penyembuhan luka.

Mengendalikan kadar kolesterol

Kandungan nutrisi dalam duku dapat membantu mengendalikan dan menurunkan kadar kolesterol, sehingga bisa dijadikan buah pilihan bagi penderita masalah kolesterol.

Mengatasi diare dan demam

Duku dapat dimanfaatkan untuk mengatasi diare dan demam tinggi. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, siapkan biji buah duku secukupnya, tumbuk sampai halus, campurkan dengan air secukupnya, lalu diminum sehari sekali.