Manfaat Avokad, Merawat Kecantikan Kulit sampai Menjaga Kesehatan Jantung (Bagian 3)


Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Manfaat Avokad, Merawat Kecantikan Kulit sampai Menjaga Kesehatan Jantung - Bagian 2). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Mengatasi peradangan

Yang menjadikan berbagai masalah penyakit sulit sembuh adalah karena terjadinya peradangan. Jika tidak ada peradangan, penyakit atau luka bisa sembuh dengan cepat. Dalam hal ini, avokad mampu mengatasi peradangan, sehingga penyakit yang mungkin Anda derita bisa lebih cepat sembuh.

Mengontrol tekanan darah

Kandungan potasium dalam avokad menjadikan buah ini bermanfaat dalam menstabilkan tekanan darah, sehingga darah selalu normal, tidak tinggi dan tidak rendah.

Menurunkan kolesterol jahat

Kolesterol jahat yang terdapat dalam tubuh bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Kolesterol jahat bisa menimbulkan plak pada pembuluh darah, sehingga darah tidak lancar mengalir ke jantung. 

Karenanya, kolesterol bisa menjadi biang keladi terjadinya penyakit jantung dan stroke. Avokad mampu mengatasi hal itu, karena kandungan omega 3 di dalamnya dapat menurunkan kolesterol.

Mengatasi gigi berlubang

Masalah gigi berlubang bisa sangat menyakitkan. Untuk mengatasinya, Anda bisa memanfaatkan biji avokad. Caranya, biji avokad ditumbuk dan dihaluskan hingga seperti serbuk, kemudian masukkan ke dalam gigi yang berlubang.

Sumber vitamin E terbaik

Avokad adalah salah satu buah yang dikenal menghasilkan vitamin E terbaik. Vitamin E sangat penting dalam melindungi tubuh kita dari berbagai serangan penyakit, dan membantu memelihara kesehatan secara keseluruhan.

Mengencangkan kulit wajah

Di bidang kecantikan, avokad dapat dimanfaatkan sebagai masker untuk wajah. Kandungan vitamin E dan vitamin A yang ada dalam avokad sangat bagus untuk menghaluskan kulit, menghilangkan kerutan pada wajah, serta menjadikan kulit kenyal, hingga terlihat muda dan segar.

Untuk memanfaatkan avokad sebagai masker, ambil daging buah avokad yang sudah matang, lalu lumatkan sampai halus seperti bubur. Gunakan adonan itu sebagai masker, dengan cara mengoleskannya pada muka. Biarkan selama sekitar 2 jam, lalu bilas dengan air dingin.

Menjaga kesehatan rambut

Selain dapat dijadikan masker untuk wajah, avokad juga dapat dimanfaatkan untuk creambath, karena kandungan nutrisi dalam avokad juga dapat membuat rambut lebih halus serta tidak mudah kering, sekaligus menjadikan rambut Anda berkilau alami.

Untuk menggunakan avokad sebagai sarana creambath, haluskan daging buah avokad, campurkan dengan yoghurt, sebutir telur, setengah sendok teh minyak rosemary, dan satu sendok teh minyak jojoba. Kemudian jadikan masker untuk rambut Anda. Biarkan sekitar 20-30 menit, kemudian bilas dengan shampo. 

Manfaat lain

Di samping hal-hal yang telah disebutkan di atas, avokad masih memiliki beberapa manfaat lain terkait kesehatan, dan berikut ini daftarnya:

Potchefstroom Institute of Nutrition, di Potchefstroom University, menemukan fakta bahwa mengonsumsi avokad dapat memperlancar usaha penurunan berat badan seseorang.

Bertentangan dengan pendapat sebagian orang, ternyata avokad bebas kolesterol. Meski memiliki kandungan lemak yang tinggi, namun lemak di dalam avokad kebanyakan mengandung monounsaturated, yang justru bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Lemak mononunsaturated dapat menurunkan LDL (kolesterol jahat), dan menaikan kadar HDL (kolesterol baik) di dalam tubuh seseorang.

Studi menemukan, lemak monounsaturated di dalam makanan (termasuk avokad) dapat menurunkan kadar trigliserida. Selain itu, avokad mengandung lutein yang bermanfaat untuk penglihatan mata. Avokad juga kaya vitamin E, yang mengandung banyak antioksidan guna mencegah radikal bebas.

Kandungan beta-sitosterol pada avokad juga berfungsi sebagai anti-kolesterol, yang dapat melindungi tubuh dalam mengendalikan kolesterol.

Catatan:

Saat mengonsumsi avokad dalam keseharian, sangat baik untuk mengonsumsinya tanpa tambahan apa pun. Dengan mengonsumsi buahnya saja, dijamin tidak ada kandungan gula di dalam avokad, dibandingkan bila Anda mencampurnya dengan susu atau air gula.