Makanan Pedas ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan


Rasa pedas pada makanan sering kali menambah nafsu makan, khususnya bagi orang yang menyukai masakan pedas. Untuk menghasilkan masakan yang pedas, kita biasanya menambahkan cabai dalam bumbunya. Cabai mampu memberikan sensasi pedas, karena mengandung capsaicin. 

Ternyata, capsaicin tidak hanya mampu memberikan rasa pedas saat kita memakannya, namun juga memberikan efek yang baik untuk kesehatan. Berikut ini di antaranya.

Menurunkan berat badan

Capsaicin dalam cabai akan mempercepat metabolisme dan membantu tubuh membakar kalori lebih cepat dan lebih banyak, hingga 8 persen. Hal itu terjadi karena capsaicin meningkatkan temperatur tubuh, dan berperan dalam meningkatnya detak jantung. 

Lebih jauh, studi menunjukkan bahwa orang yang suka makan pedas biasanya hanya makan dalam porsi sedikit, sehingga berat badan lebih terjaga, karena kalori yang masuk ke dalam tubuh juga lebih sedikit.

Menyehatkan jantung

Senyawa capsaicin dalam cabai dapat memunculkan sensasi panas di lidah. Rasa panas di lidah terbukti dapat menurunkan kolesterol jahat. 

Studi yang dilakukan American Chemical Society menyebutkan, kandungan capsaicin dapat membantu mengurangi penumpukan kolesterol sekaligus meningkatkan aliran darah, dengan menghambat gen yang menyebabkan penyempitan arteri di jantung.

Cabai menyehatkan jantung dengan cara mencegah pembekuan darah. Capsaicin juga efektif melawan inflamasi, yang telah diidentifikasi sebagai faktor risiko penyakit jantung.

Mencegah kanker

Data dari American Cancer Society menyebutkan, beberapa makanan pedas terbukti memiliki sifat sebagai penangkal kanker. Capsaicin telah terbukti memperlambat pertumbuhan sel-sel penyebab kanker prostat. Selain cabai, rempah-rempah pedas yang mengandung curcumin antioksidan aktif juga diyakini dapat mencegah kanker.

Menurunkan tekanan darah

Senyawa capsaicin dalam cabai dapat meningkatkan nitric oxide yang mampu melindungi peradangan, dan menurunkan tekanan darah. Di antara semua makanan pedas, cabai rawit diyakini paling cepat menurunkan tekanan darah dibanding jenis cabai lain.

Melancarkan pernapasan 

Makanan pedas bertindak seperti espektoran, dan membantu penderita asma, bronkhitis kronis, sinusitis, dan penyakit pernapasan lainnya, hingga dapat bernapas lebih baik.

Menjaga mood

Cabai merah meningkatkan level hormon endorfin dan serotonin yang menghilangkan nyeri, dan memberi perasaan nyaman. Hormon ini bisa berfungsi seperti pelawan stres dan depresi. 

Memperbaiki fungsi pencernaan

Di dalam saluran cerna, capcaisin mampu meningkatkan sirkulasi darah di perut, dan meningkatkan lapisan mukus. Capsaicin juga membantu membunuh bakteri H.pylori penyebab sakit maag. Namun, jika Anda mengalami heartburn (rasa panas) setelah makan pedas, cobalah tablet antiacid untuk menetralisir asam di lambung.

Menghilangkan gejala flu

Saat dikonsumsi, capsaicin membantu meningkatkan pengeluaran keringat, dan menghilangkan gejala flu yang mengganggu. Makanan pedas juga akan membantu membuka jalan napas, mengurangi sinusitis, juga gejala flu lainnya.