Kisah Laurent Simons, Bocah Jenius yang Lulus SMA di Usia 8 Tahun


Berapa umurmu, saat lulus SMA? Rata-rata orang lulus SMA dalam usia belasan tahun. Andaikan saja seseorang mulai masuk TK pada usia 5 tahun. Setelah itu, memasuki SD pada usia 6 tahun. 

Selama enam tahun kemudian, usia bertambah menjadi 12 tahun, dan saat itu mulai memasuki SMP. Di SMP tiga tahun, lulus saat berusia 15 tahun. Masuk SMA tiga tahun lagi, dan baru lulus pada usia 18 tahun.

Kira-kira pada usia itulah orang lulus SMA. Tapi tidak dengan Laurent Simons, bocah jenius asal Belanda. Dia lulus SMA pada usia 8 tahun! 

Selain fakta mengagumkan tersebut, berikut ini beberapa fakta menarik seputar bocah yang telah jenius sejak lahir ini.

1. Masa studi enam tahun dilahap dalam satu setengah tahun

Memiliki IQ 145, Laurent Simons berhasil lulus sekolah menengah dalam waktu yang cukup singkat. Bersanding dengan remaja berusia 18 tahun, Laurent menyelesaikan studi enam tahun hanya dalam waktu satu setengah tahun.

2. Pelajaran favoritnya adalah matematika, geometri dan aljabar

Matematika menjadi salah satu pelajaran yang kerap dijauhi anak-anak. Tapi Laurent Simons sangat suka matematika. Statistik, geometri, dan aljabar, menjadi objek pelajaran favoritnya.

3. Sejak kecil tidak terlalu tertarik mainan

Ayah Laurent, Alexander Simons, mengakui sang anak sejak kecil tidak terlalu tertarik pada mainan. Pada awalnya, Laurent mengikuti sekolah dasar seperti anak lain pada umumnya. Namun, karena kepintarannya, Laurent mampu menyerap materi yang diajarkan dengan cepat.

Ia diizinkan untuk loncat kelas. Hingga akhirnya ia menyelesaikan sekolah dasar dalam waktu dua tahun.

4. Karena masih anak-anak, Laurent masih belum memastikan cita-citanya

Dilansir dari BBC, Laurent mengaku telah mempertimbangkan untuk menjadi ahli bedah dan astronot. Namun, dia juga sedang mempertimbangkan mempelajari komputer.

5. Sekarang bersiap masuk kuliah 

Sudah lulus sekolah menengah, Laurent kini menikmati dua bulan liburan sekolah. Setelah itu, dia akan menempuh pendidikan tinggi alias kuliah. Wah!