Kisah Dyatlov Pass, Misteri Kematian Para Pendaki yang Tak Terungkap


Dyatlov Pass adalah sebutan untuk kelompok pendaki ski yang dipimpin oleh Igor Dyatlov, terdiri dari delapan laki-laki dan dua wanita. Sebagian besar dari mereka adalah lulusan Institut Politeknik Ural (saat ini: Ural State Technical University).

Pada 31 Januari 1959, kelompok itu tiba di pinggir sebuah dataran tinggi, dan mulai mempersiapkan diri untuk pendakian. Di sebuah lembah, mereka mengumpulkan dan mempersiapkan makanan serta peralatan, yang akan digunakan untuk perjalanan kembali.

Keesokan harinya, 1 Februari 1959, para pendaki mulai bergerak melalui celah (pass). Sepertinya mereka berencana menghindari badai, dan membuat kamp untuk malam berikutnya pada sisi yang berlawanan. 

Tetapi, karena kondisi cuaca yang memburuk, badai salju dan visibilitas yang menurun, mereka kehilangan arah dan menyimpang ke barat, semakin ke atas menuju puncak Kholat Syakhl. Ketika menyadari kesalahan, kelompok tersebut memutuskan untuk berhenti dan mendirikan kemah di lereng gunung.

Belakangan, semua anggota kelompok tersebut ditemukan meninggal karena “suatu kekuatan yang tidak diketahui”. Penyelidikan pun dihentikan secara resmi pada Mei 1959 karena tidak adanya "pihak yang bisa dinyatakan bersalah". File dikirim ke sebuah arsip rahasia, dan fotokopi kasus baru tersedia pada tahun 1990-an, dengan beberapa bagian yang hilang.