Kisah dan Misteri Nyi Roro Kidul, Putri yang Bertahta di Dasar Lautan


Dalam cerita rakyat yang beredar, Nyi Roro Kidul atau biasa disebut Putri Lara Kadita, adalah seorang putri kesayangan yang paling dicintai ayahnya, yaitu Prabu Siliwangi. 

Selain cantik dan memikat, Putri Lara Kadita dikenal berbudi mulia.  Namun, kedekatan dengan ayahnya menimbulkan iri dan dengki dari para selir Prabu Siliwangi.  

Karena iri dan dengki itu, mereka mengirimkan sihir dan teluh kepada sang Putri, hingga menderita penyakit kulit yang tidak bisa disembuhkan.

Sang Putri akhirnya terusir dari istana ayahnya, dan selanjutnya dia berjalan menuju ke selatan, dan kemudian bertapa. Dalam pertapaan tersebut, sang Putri mendapat bisikan gaib untuk terjun ke laut selatan, agar bisa sembuh dari penyakit kulitnya, juga untuk mendapat kesaktian luar biasa.

Syaratnya, sang Putri harus tinggal di dasar laut, dan tidak bisa kembali ke daratan bumi. Sejak itu, ia disebut dan dijuluki Nyi Roro Kidul, Si Penguasa Laut Selatan. 

Di dasar laut, dia bertahta di sebuah kerajaan makhluk halus yang sangat besar dan indah. Ada yang beranggapan bahwa Nyi Roro Kidul dan Ratu Laut Kidul adalah sosok yang sama.