Kenali dan Waspadai 17 Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kanan (Bagian 2)


Uraian ini merupakan lanjutan uraian sebelumnya (Kenali dan Waspadai 17 Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kanan - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

7. Pleuritis 

Pleuritis adalah peradangan pada selaput pembungkus organ paru-paru dan dinding dalam bagian atau disebut pleura. Pleura terdiri dari dua lapis. Kedua lapisan ini berperan menjaga paru-paru agar tidak bergesekan dengan dinding rongga dada. 

Di antara kedua lapisan paru ini, terdapat cairan pleura yang berfungsi sebagai pelumas dan membantu mengurangi gesekan saat bernapas. Saat peradangan terjadi, pleura akan membengkak dan menyebabkan gangguan pernapasan. 

8. Efusi pleura 

Efusi pleura adalah penumpukan cairan di antara lapisan jaringan di luar paru-paru. Kondisi ini dapat menyebabkan nyeri dada dan sesak napas. Pernapasan mungkin menjadi lebih sulit dari waktu ke waktu, jadi penting untuk menemui dokter. 

9. Pneumonia 

Pneumonia adalah infeksi pada paru-paru. Ini dapat disebabkan oleh banyak organisme bakteri, virus, dan jamur yang berbeda. Penderita pneumonia sering mengalami nyeri dada saat bernapas dan batuk. Gejala pneumonia lainnya, termasuk demam, menggigil, batuk, dan kehilangan nafsu makan. 

10. Hipertensi pulmonal 

Hipertensi pulmonal adalah suatu kondisi yang menyebabkan tekanan darah tinggi pada pembuluh darah yang menghubungkan jantung dan paru-paru. Seiring waktu, hal ini membuat jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh dan dapat menyebabkan nyeri dada. 

11. Emboli paru 

Emboli paru adalah gumpalan darah yang tersangkut di paru-paru. Ini bisa mengancam jiwa jika tidak segera ditangani. Jika terjadi di paru-paru kanan, hal itu pun dapat menyebabkan nyeri dada sebelah kanan. 

Gejala tambahan emboli paru termasuk sesak napas, napas cepat, dan batuk darah. Rasa sakit dan gejala lain dari emboli paru biasanya datang tiba-tiba dan memerlukan perhatian medis darurat. 

12. Kanker paru-paru 

Kanker paru-paru menyebabkan nyeri dada, batuk, dan sesak napas karena pertumbuhannya mulai mengganggu fungsi normal paru-paru. 

13. Tumor dada 

Pertumbuhan di dalam dada atau dinding dada, apakah itu kanker atau tidak juga dapat menyebabkan nyeri dada. Saat tumor tumbuh, itu akan memberi tekanan pada saraf atau pembuluh darah yang ada di dekatnya, menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan. 

14. Penyakit jantung 

Serangan jantung tak selalu ditandai dengan nyeri dada sebelah kiri. Pada kenyatannya, kondisi itu juga bisa ditunjukkan dengan nyeri dada sebelah kanan, terutama jika penyakit jantung memengaruhi sisi kanan jantung. 

15. Herpes zoster 

Virus yang menyebabkan cacar air juga bisa menyebabkan herpes zoster. Seseorang dengan kondisi ini mengalami peradangan pada bagian saraf, serta kulit dan struktur di sekitarnya. Jika saraf yang terkena berada di dada, dapat menyebabkan nyeri dada. Herpes zoster cenderung hanya memengaruhi satu sisi tubuh. 

Selain Campak Pada awalnya, herpes zoster dapat menyebabkan rasa sakit dan kepekaan di satu area, serta demam. Ini kemudian akan berkembang menjadi ruam yang menyakitkan dan gatal. 

16. Heartburn atau refluks asam lambung 

Heartburn adalah kondisi yang disebabkan oleh asam lambung yang naik kembali ke kerongkongan. Kerongongan atau esofagus terletak di dalam dada, sehingga dapat menyebabkan nyeri dada yang seolah-olah datang dari sisi kanan. 

17. Masalah hati, kantong empedu, atau pankreas 

Hati, kantong empedu, dan pankreas memainkan peran penting dalam sistem pencernaan normal dan memiliki fungsi penting lainnya. Organ ini terletak di bagian atas sisi kanan perut. 

Batu empedu, pankreatitis (radang pankreas), dan penyakit hati hanyalah beberapa kondisi yang dapat menjadi penyebab nyeri alih di sisi kanan dada. 

Untuk diingat lagi, meskipun kebanyakan penyebab nyeri dada sebelah kanan tidak terkait dengan masalah jantung, siapa saja penting berkonsultasi dengan dokter ketika mengalaminya.