Inilah Richard Mille, Arloji yang Lebih Mahal dari Tiga Lamborghini


Kita tentu tahu Lamborghini, mobil sport dengan penampilan mewah dan harga yang luar biasa mahal, karena mencapai miliaran. Ternyata, ada jam tangan atau arloji yang harganya tiga kali lipat dari rata-rata Lamborghini. Jam tangan dengan harga selangit itu bermerek Richard Mille.

Jam tangan Richard Mille ramai disebut-sebut, setelah jam tangan itu terlihat dikenakan oleh petenis Rafael Nadal. Ia memakai jam tangan tersebut, saat bertanding di turnamen Perancis Terbuka di Roland Garros beberapa tahun silam.

Di lapangan itu, Nadal mengenakan arloji Richard Mille seri terbatas (limited edition). Harganya? Menurut Forbes, jam tangan tersebut dijual seharga 725 ribu dollar AS atau sekitar Rp 10 Miliar.

Jam tangan model RM27-03 itu bobotnya hanya 20 gram, sehingga tidak terlalu memberatkan tangan Nadal saat ia mengayunkan raket tenis.

Istimewanya, jam tersebut bisa menahan lebih dari 10.000g gaya kejut, dan Richard Mille hanya membuat model itu sebanyak 50 buah.

Jam tersebut pernah dipakai Nadal di turnamen US Open tahun 2017, namun bukan arloji termahal yang dia miliki. Pada US Open tahun 2015, Nadal mengenakan model RM27-02 yang harganya 775 ribu dollar AS atau Rp 10,8 Miliar.

Ia juga pernah menggunakan jam tangan Richard Mille seharga Rp 7,3 miliar di turnamen Perancis Terbuka tahun 2010, dan arloji model RM27 lain seharga Rp 9,6 miliar di tahun 2013.

Bagaimana rasanya mengenakan arloji dengan harga selangit itu?

"Awalnya ada sedikit penyesuaian. Ada hal-hal yang harus disesuaikan dengan pergelangan tangan saya," ujar Nadal, seperti dikutip Wall Street Journal. "Tapi sekarang serasa tidak memakai apa-apa. Ia menjadi bagian dari tangan saya."