Inilah 12 Rumah Produksi Film Terbaik dan Paling Terkenal di Dunia


Film dibuat oleh rumah produksi, yang membiayai proses pembuatannya, sekaligus membayar para pekerja yang terlibat. Ada kalanya, rumah produksi hanya menghasilkan film, sementara distributornya diambil alih oleh pihak lain. Namun, banyak pula rumah produksi yang tidak hanya menghasilkan film, tapi juga mendistribusikannya sendiri. Jenis yang kedua umumnya rumah produksi yang besar.

Berikut ini adalah 12 rumah produksi film terbaik sekaligus terbesar di dunia, yang selama ini telah menghasilkan banyak film yang pernah kita saksikan.

1. Universal Studios

Universal Studios merupakan perusahaan film Amerika Serikat, yang didirikan sekitar tahun 1912 oleh Carl Laemmle. Perusahaan ini berlokasi di San Fernando Valley, Los Angeles, California, AS, dan memproduksi banyak film unggulan. Saat ini, Universal Studios merupakan bagian dari Comcast. 

2. Paramount Pictures

Paramount Pictures Corporation adalah perusahaan produsen dan distributor film Amerika Serikat yang bermarkas di Hollywood, California. Perusahaan ini adalah studio film tertua di Amerika Serikat yang masih bertahan. Paramount dimiliki oleh konglomerat media Viacom.

3. DC Comics

DC Comics adalah perusahaan komik terbesar di Amerika, bersama dengan Marvel Comics. Pada awal berdirinya, pada 1934, DC Comics bernama National Allied Publications. Sejak 1969, DC Comics menjadi anak perusahaan dari Warner Bros Entertainment. DC Comics menerbitkan sejumlah besar tokoh terkenal, seperti Superman, Batman, Wonder Woman, Flash, Green Lantern, dan the Justice League of America. 

4. Warner Bros

Warner Bros Entertainment, Inc. (dikenal juga sebagai Warner Bros Pictures atau Warner Brothers) adalah salah satu produsen film dan televisi terbesar di dunia. Sekarang merupakan anak perusahaan grup Time Warner yang bermarkas di Burbank, California, Amerika Serikat.

Warner Bros juga memiliki sejumlah anak perusahaan, termasuk Warner Bros Studios, Warner Bros Pictures, Warner Bros Television, Warner Bros Animation, Warner Home Video, dan DC Comics, serta memiliki separuh saham jaringan televisi The CW.

5. Sony

Sony adalah perusahaan elektronik yang berpusat di Tokyo, Jepang. Sekarang, Sony merupakan produsen elektronik terbesar di dunia, dan salah satu perusahaan terbesar di Jepang dan dunia.

Perusahaan Sony diperdagangkan di Bursa Saham Tokyo, dengan nomor 6758 dan di Bursa Saham New York sebagai SNE melalui ADR.

6. Sony Pictures Entertainment

Sony Pictures Entertainment (SPE, Sony Pictures Entertainment Inc.) adalah produsen film dan acara televisi yang merupakan bagian dari Sony. Perusahaan ini didirikan pada 1989 oleh The Coca-Cola Company di Amerika Serikat, dengan nama Columbia Pictures Entertainment. Pada 1991, setelah diperoleh Sony Corporation, diganti namanya menjadi Sony Pictures Entertainment Inc.

Sony telah menciptakan banyak film dan distribusi unit, seperti pembuatan Sony Pictures Classics untuk rumah seni, dengan membentuk Columbia TriStar Pictures yang menggabungkan Columbia Pictures dan TriStar Pictures pada 1998. Pada 2007, Sony dan Warner Brothers membeli FremantleMedia.

7. HBO Home Box Office

HBO (Home Box Office) adalah stasiun televisi Amerika Serikat yang dimiliki oleh Time Warner. Programnya ditayangkan 24 jam sehari kepada lebih dari 40 juta pelanggan, tanpa selingan iklan. Selain itu, berbagai produknya juga dipasarkan ke lebih dari 150 negara.

Pada 1965, Charles Dolan mendapat izin untuk mendirikan sistem televisi kabel di Manhattan. Sistem ini dinamai Sterling Manhattan Cable, dan dengan dukungan Time Life, Inc. meluncurkan Green Channel yang kemudian diubah namanya menjadi Home Box Office pada 8 November 1972. 

Tayangan perdana HBO adalah pertandingan langsung antara New York Rangers dan Vancouver Canucks, dilanjutkan dengan film Sometimes a Great Nation.

8. Metro-Goldwyn-Mayer

Metro-Goldwyn-Mayer Inc., atau MGM, merupakan perusahaan multinasional yang menghasilkan berbagai macam produk film. Bermarkas di Los Angeles, California, Amerika Serikat. Didirikan pada tanggal 16 April 1924, perusahaan ini mempekerjakan 1.440 karyawannya hingga tahun 2004.

9. Marvel Comics

Marvel Comics atau Marvel Worldwide Inc. (sebelumnya Marvel Publishing Inc.) dan Marvel Comics Group adalah perusahaan dari Amerika Serikat yang memproduksi buku komik dan media lain yang berkaitan. 

Marvel pertama kali didirikan dengan nama "Timely Publications" pada 1939, dan sempat berganti nama menjadi "Atlas Comics" sebelum akhirnya menjadi Marvel Comics pada 1961. Sekarang, Marvel telah menjadi salah satu penerbit buku komik terbesar, bersama perusahaan saingan lamanya, DC Comics.

10. The Walt Disney Company

The Walt Disney Company (NYSE: DIS), atau lebih dikenal dengan nama Disney, adalah perusahaan konglomerat di bidang hiburan dan media terbesar di dunia. Didirikan pada 16 Oktober 1923, perusahaan ini didirikan oleh Walt Disney dan Roy Oliver Disney, dengan nama Disney Brothers Cartoon Studio. Pusatnya terletak di Burbank, California.

Laba Disney pada 2004 adalah sebesar $30,8 miliar USD, dan merupakan komponen Dow Jones Industrial Average. Perusahaan ini dikenal sebagai Walt Disney Productions, Ltd. sampai 6 Februari 1986, dan kemudian diubah menjadi nama yang sekarang.

11. DreamWorks

DreamWorks Pictures (dikenal juga sebagai DreamWorks SKG atau DreamWorks Studios, sering disebut sebagai DreamWorks) adalah perusahaan pembuat film utama di Amerika Serikat, yang membuat, menghasilkan dan memasarkan film-film, video permainan, dan program-program televisi. 

Mereka telah menghasilkan ataupun memasarkan banyak film dengan pendapatan kotor dari film-film yang mencapai "box-office" sebesar US$ 100 juta per film. 

12. Pixar Animation Studios

Pixar Animation Studios, atau hanya Pixar, distilasi sebagai PIXAR) adalah studio animasi komputer Amerika Serikat yang berpusat di Emeryville, California. Studio ini terkenal karena CGI-film animasi yang dibuat dengan PhotoRealistic RenderMan, implementasi dari industri RenderManimage-rendering, antarmuka pemrograman aplikasi yang digunakan untuk menghasilkan gambar berkualitas tinggi. 

Pixar dimulai pada tahun 1979 sebagai Graphics Grup, bagian dari divisi komputer Lucasfilm. Pixar muncul sebagai perusahaan pada 1986, yang dibiayai oleh Apple Inc. bersama seorang pendiri, Steve Jobs, yang menjadi pemegang saham mayoritas. The Walt Disney Company membeli Pixar pada tahun 2006, dengan jumlah $7,4 milyar.