Ini Profesi-profesi Baru yang Akan Muncul di Era Robot


Ketika mesin dan robot-robot mulai memasuki pabrik dan dunia kerja, ada sekian banyak orang yang harus kehilangan pekerjaan. Dalam proses kerja pembuatan kertas, misalnya, dulu dikerjakan oleh banyak orang. 

Namun, kemudian, mesin dan robot menggantikan pekerjaan itu, dan para pekerja pun harus menyingkir. Fenomena semacam itu akan terus terjadi di berbagai lini lain.

Ragam bisnis yang terus mengarah pada digitalisasi, membuat robot semakin mendapat perhatian. Elektronifikasi, juga membuat banyak perusahaan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK).

Sebagaimana hasil sebuah riset menyatakan bahwa dalam 10 tahun ke depan, setidaknya 40 persen pekerjaan manusia akan digantikan robot dan mesin.

Kondisi tersebut, berarti bakal menggiring manusia agar lebih kreatif demi bertahan dalam pekerjaan. Bahkan, akan muncul profesi-profesi baru yang diciptakan manusia sebagai bentuk adapatasi terhadap era robot.

Naluri manusia untuk bertahan rupanya memang sulit dikalahkan oleh mesin atau robot. Meski sekian banyak pekerjaan yang kini digantikan mesin dan robot, namun manusia selalu mampu menemukan celah atau lubang baru untuk tetap bertahan, salah satunya dengan menciptakan profesi-profesi baru yang sebelumnya tidak ada. Berikut ini di antaranya.

Spesialis Pengubah Iklim

Perubahan iklim sudah menjadi perhatian khalayak sejak 1980. Kondisi ini membuat profesi Climate Change Reversal Specialist alias si ahli pembalik perubahan iklim, memiliki peluang profesi yang bagus di masa depan. Mereka bertugas mengembalikan atau memperbaiki ekosistem hutan tropis dan dasar lautan.

Pengacara Sosmed

Profesi Social Media Lawyer akan sangat dibutuhkan di masa depan, karena setiap tahun ada sekitar 5,8 juta kejahatan siber. Saat ini, bahkan tiap 45 menit dilaporkan terjadi kasus bullying dan trolling di Facebook dan Twitter. Para pengguna internet perlu dibela saat diintimidasi, dan itulah tugas utama pengacara sosmed.

Spesialis Pengurus Lansia

Profesi Old-Age Wellness Manager akan menjadi sangat penting, sebab pada 2030 diprediksi manusia yang berusia di atas 65 tahun akan berjumlah sekitar 12 persen dari total populasi bumi. Untuk itulah profesi ini ada, demi menjembatani kebutuhan klien terhadap kesehatan, transportasi, tempat tinggal, dan lainnya.

Petani

Akan muncul para petani yang spesifik menangani modifikasi genetik. Mereka menggunakan teknologi dan teknis agrikultur, untuk menghasilkan pangan yang lebih bagus serta meningkatkan hasil panen. Prediksi ini didukung oleh hasil riset yang menunjukkan bahwa pada 2030, pangan hasil modifikasi genetik akan ramai dijual di pasaran.

Teknisi kaki palsu

Teknisi kaki palsu akan memiliki peluang besar, karena pada 2027 diprediksi bahwa prostetik akan dibuat agar bisa dikendalikan pikiran. Kecanggihan ini akan membuat penanganan pada disabilitas berubah total.

Sutradara Virtual Reality (VR)

Teknologi VR bukan saja akan merajai video games, seiring perkembangannya peluang pembuatan film untuk VR juga terbuka lebar. Bila tertarik, kamu bisa memilih profesi sutradara VR ini di masa depan.

Neuro-enhancer

Di masa depan, manusia diprediksi akan mengandalkan bantuan pil khusus agar tetap memiliki fokus tinggi. Keberadaan pil tersebut akan membuat profesi di bidang farmasi menjadi sangat menarik.

Time Broker

Tugas utama profesi ini adalah mengurus jual-beli waktu. Memang sangat unik, sebab di masa depan, nilai waktu akan lebih berharga ketimbang uang. Kamu dapat menjual atau menukar waktu untuk mendapatkan suatu hal yang diinginkan.

Atlet E-Sport

Sebenarnya, profesi ini sudah marak sejak sekarang. Tingginya minat pada games online dan olahraga elektronik (e-sport) akan membuat pemain profesional semakin mendulang rezeki.