Gibson Girl, Revolusi Kecantikan dari Zaman Kuno ke Era Modern


Definisi “cantik” yang disematkan untuk wanita, ternyata mengalami perubahan dari zaman ke zaman. Jika kita mempelajari foto-foto wanita dari zaman dulu sampai sekarang, kita akan melihat bahwa perubahan definisi itu begitu nyata. Sesuatu yang disebut “cantik” pada zaman dulu bisa jadi sudah jauh berubah saat dilihat pada zaman sekarang.

Perubahan tersebut tidak hanya tergantung pada alat dan sarana kecantikan yang terus berkembang, tapi juga pada pergerseran atau perubahan pola pikir masyarakat dalam memandang kecantikan.

Setiap generasi mewakili citra baru tentang gambaran feminin; versi terbaru dari apa yang kebanyakan orang anggap sebagai wanita cantik. Pada akhir abad ke-19, ada banyak gambaran wanita cantik dan ideal pada masa itu, tapi seketika semua gambaran itu pun berubah.

Salah satu ilustrator terkenal, Charles Dana Gibson, memiliki gambaran lain tentang citra ideal wanita cantik. Dengan menggunakan posisinya di sebuah majalah Amerika yang populer, Gibson yang berbakat itu melukiskan "Wanita Modern" yang lebih lembut dan ramah, yang kemudian dikenal sebagai "Gadis Gibson".

Gadis Gibson memiliki tingkat kemandirian yang tinggi, tapi sama sekali tidak seperti suffragette yang dikatakan kuno.

Gibson Girl menggambarkan wanita cantik yang ideal adalah anggota masyarakat kelas atas, dia selalu mengenakan pakaian modis terbaru. Status sosialnya membuat dia memiliki fasilitas yang lengkap, semua yang dia mau bisa dia dapatkan, berbeda dengan wanita biasa yang banyak keterbatasan.

Gadis Gibson juga digambarkan sebagai seorang petualang yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan, sering bersepeda di Central Park atau berenang, bermain tenis, atau bermain golf.

Selain itu, dia selalu berada di luar wilayah sosial yang dianggap juga menjadi standar bagi wanita kelas menengah ke atas, menyukai seni dengan melukis, menyanyi, atau bermain biola. Intinya benar-benar digambarkan wanita kelas atas yang elegan, dan berkepribadian anggun bagai seorang putri. Dia juga digambarkan sebagai wanita "rapuh" dan "menggairahkan" pada saat bersamaan.

Gadis Gibson itu tinggi, garis rampingnya menunjukkan kehormatannya, sementara pinggul besar dan payudara penuh menambah keangkuhannya. Mengenakan korset bill-bill, dan benar-benar terlihat sangat luar biasa. 

Wanita ideal dan elegan ini memiliki leher yang ramping dan bibir penuh, rambutnya yang menumpuk tinggi dibuat dengan gaya pompadour atau chignon.

Lemari pakaian Gibson Girl penuh gaun elegan, baju kemeja, gaun mewah, dan rok panjang yang menyentuh lantai. Masing-masing dikenakan pada saat yang tepat, dan pada waktu yang sesuai sepanjang hari.