Film-film Bagus yang Berkisah Tentang Monster Raksasa (Bagian 1)


Di antara berbagai jenis film, monster raksasa adalah sosok yang menarik untuk ditonton. Karena itulah, ada banyak film yang mengisahkan monster-monster raksasa dalam berbagai bentuk dan beragam kisah.

Godzilla, misalnya, adalah salah satu monster raksasa yang telah menarik banyak orang untuk menyaksikannya. Kemudian ada King Kong, sosok mirip kera namun berukuran raksasa. Selain mereka, ada pula monster-monster yang jauh lebih mengerikan, yang berasal dari kedalaman laut sampai dari luar angkasa.

Kalau kamu termasuk penggemar film-film yang berkisah tentang sosok monster raksasa, berikut ini daftar film yang bagus untuk ditonton.

1. Godzilla Series

Bercerita tentang monster raksasa berbentuk seperti kadal, yang berjalan dengan dua kaki. Ia muncul dari dalam laut, dan memicu kepanikan luar biasa bagi seluruh dunia. Ukurannya yang sebesar gedung sering kali membuat lingkungan sekitar jadi hancur. 

Ada banyak sekali film tentang Godzilla, yang berasal dari Jepang. Tapi kebanyakan film yang diproduksi itu merupakan film kuno, dengan kualitas yang kurang baik bagi penonton modern saat ini.

Di Hollywood, terdapat film Godzilla yang tayang pada 2014. Film itu menuai kesuksesan yang cukup besar, dan hasilnya pun cukup baik. Karena kesuksesan itu, pihak Jepang membuat film Godzilla bagi domestik yang sudah tayang pada 2016. Film itu juga cukup menarik untuk ditonton, karena Godzilla yang ada di film itu punya berbagai kemampuan unik.

Tiga film tentang Godzilla yang bisa dianggap terbaik adalah Godzilla (1998), Godzilla (2014), dan Shin Godzilla (2016).

2. Kong Series

Ini film fenomenal mengenai kera raksasa yang menuai kesuksesan besar saat tayang pada 2005. Ceritanya tentang sekelompok orang yang mau syuting film di sebuah pulau misterius, bernama Pulau Tengkorak. Kejadian tak terduga muncul saat seekor kera raksasa memperlihatkan diri. 

Film remake Kong di tahun 2017 juga tak jauh beda dengan kisah film sebelumnya. Hanya saja, film versi remake tahun 2017 berkisah tentang sekelompok peneliti yang ingin meneliti pulau misterius yang tak pernah dijamah oleh manusia. 

Film Kong: Skull Island juga menjadi cikal bakal Cinematic Universe baru, yang berkisah mengenai para dewa dan para monster.

Ada cukup banyak film tentang Kong yang telah dibuat. Dua yang dianggap paling bagus adalah King Kong (2005) dan Kong: Skull Island (2017).

3. Jurassic Series

Film Jurassic Park yang tayang pada 1993 menuai kesuksesan sangat besar di seluruh dunia. Bahkan film itu menjadi salah satu film terbaik sepanjang sejarah. 

Berkisah tentang sebuah taman berisi berbagai hewan purba yang merupakan hasil kloning laboratorium. Taman bermain dan tempat wisata yang tampak hebat dan menakjubkan itu berubah menjadi malapetaka, saat para dinosaurus berhasil kabur dari kandang, dan menyebabkan berbagai kekacauan. Para pengunjung pun berusaha keras untuk menyelamatkan diri.

Beberapa film dengan tema Jurassic Park yang dianggap sangat bagus adalah Jurassic Park (1993), The Lost World: Jurassic Park (1997), Jurassic Park III (2001), Jurassic World (2015), dan Jurassic World: Fallen Kingdom (2018).

4. Pacific Rim Series

Ketika berbagai monster raksasa bernama Kaiju muncul dari dasar laut, umat manusia menjadi gempar. Jutaan nyawa melayang dalam menghadapi peperangan yang tak bisa dimenangkan. 

Untuk melawan para monster itu, diciptakanlah Jaeger, berbagai robot raksasa yang dikendalikan menggunakan pikiran. Jaeger berhasil menghadapi berbagai serangan Kaiju. Namun, karena Kaiju terus bermunculan, umat manusia kewalahan, karena untuk menciptakan satu robot Jaeger saja dibutuhkan waktu dan sumber daya sangat besar. 

Di ambang kekalahan, seluruh dunia bersatu mencari solusi. Seorang mantan pilot dan seorang pemula kemudian berangkat menuju dasar laut untuk menghentikan peperangan selama-lamanya.

Film Pacific Rim yang dianggap paling bagus adalah Pacific Rim (2013) dan Pacific Rim: Uprising (2018).

5. Titans Series

Film ini bercerita tentang para dewa mitologi Yunani dan para monster yang ada di dalamnya. Perseus adalah manusia keturunan setengah dewa. Ia anak dewa Zeus, dan terlibat dalam pertarungan antara dewa dan para monster. 

Perseus harus mengumpulkan berbagai sekutu untuk membantunya melawan Kraken, Medusa, dan Hades, raja dan para dewa neraka. Di film ini terdapat monster raksasa berukuran sangat besar, yang muncul dari laut. Ia adalah Kraken. Di film selanjutnya juga ada monster raksasa bernama Titan, yang punya kekuatan melebihi para dewa.

Dua film seri Titan yang dianggap terbaik adalah Clash of the Titans (2010) dan Wrath of the Titans (2012).

6. Tremors Series

Di sebuah kota kecil, orang-orang heboh saat mengetahui keberadaan makhluk misterius yang suka memangsa manusia satu per satu. Tak diketahui makhluk apakah itu, tapi yang jelas makhluk itu tinggal di dalam tanah, dan bisa bergerak sesuka hati dengan sangat cepat. 

Seperti lumba-lumba, monster itu juga dapat muncul dari dalam tanah, lalu melesat masuk ke dalam dengan sangat cepat. Di saat yang sama, ada seorang ahli seismologi yang mendeteksi berbagai geteran di dalam tanah yang tidak biasa. Orang-orang yang ada di sana harus menyelamatkan diri dari serangan monster yang bisa muncul kapan pun tanpa peringatan.

Film-film Tremors yang sudah rilis adalah Tremors (1990), Tremors 2: Aftershocks (1996), Tremors 3: Back to Perfection (2001), Tremors 4: The Legend Begins (2004), Tremors 5: Bloodlines (2015), dan Tremors 6: A Cold Day in Hell (2018).

7. Cloverfield (2008)

Sekelompok anak muda sedang mengadakan pesta perpisahan yang diadakan seorang teman bernama Rob, yang akan pergi meninggalkan New York untuk bekerja di Jepang. Hud memutuskan untuk merekam pesta itu. Namun, tiba-tiba, saat sedang asyik berpesta, terjadi gempa bumi. Saat mereka menyalakan TV, ternyata sedang terjadi bencana di mana-mana. 

Sekelompok anak muda itu pun memutuskan untuk pergi ke jalanan New York, dan berusaha menyelamatkan diri dari serangan monster di kota. Film ini diceritakan dan digambarkan dalam bentuk rekaman video, di mana kameranya dibawa oleh para anak muda ini sepanjang perjalanan mereka.

Lihat lanjutannya: Film-film Bagus yang Berkisah Tentang Monster Raksasa (Bagian 2)