Di Tempat Ini, Orang Berumur 90 Tahun Masih Dianggap Anak Muda


Bagaimana kita memilah “muda” dan “tua”, ternyata berbeda-beda tergantung di mana kita tinggal. Di Indonesia, mungkin orang berusia di bawah 40 tahun masih disebut anak muda, sementara yang sudah mencapai 40 tahun lebih akan disebut tua. Lalu, yang sudah memasuki usia 60 tahun akan disebut lansia. 

Tetapi ada tempat yang punya “aturan” lain, dimana orang yang usianya di bawah 90 tahun masih dianggap anak muda. Tempat itu bernama Ikaria.

Di Ikaria, sebuah pulau di Yunani di bagian timur Laut Mediterania, menemukan orang yang berusia 100 tahunan bukan hal sulit. Seperti diungkap The Guardian, rata-rata orang di sana hidup 10 tahun lebih lama dari orang Eropa dan Amerika.

Selain itu, dari total penduduk di Ikaria, sepertiganya berusia di atas 90 tahun. Tidak hanya itu, mereka memiliki tingkat penyakit kanker dan jantung yang rendah, risiko mengidap depresi dan demensia juga kecil.

Ikaria termasuk kawasan Zona Biru, sebutan bagi tempat tinggal orang-orang berumur panjang. Bagusnya, Ikaria juga punya bukti kuat untuk menyatakan penduduknya memang berumur panjang.

"Saya tak percaya Korea dan China, tidak percaya Lembah Hunza di Pakistan. Tak satu pun dari tempat itu memiliki akta kelahiran yang baik," ujar Dan Buettner, penulis buku The Blue Zone.

Tetapi, Buettner percaya pada kredibilitas Ikaria, karena catatan penduduk dan akta kelahiran di sana jelas. Standar usia tua di Ikaria juga berbeda; jika seseorang belum melewati usia 90, berarti masih muda.

Cukup aneh jika membicarakan rahasia umur panjang penduduk Ikaria. Orang-orang di sana tak punya program diet khusus, kelas yoga, dan segala resep ala orang perkotaan demi hidup sehat tanpa stres dan berumur panjang. Mereka juga tak masuk kategori orang kaya, sebab sekitar 40 persen penduduk di sana menganggur.

Hampir semua warga di sana menanam makanan mereka sendiri, serta minum anggur hasil olahan sendiri. Mereka menikmati keseharian tanpa jemu; Ikaria terkenal akan keramahan penduduknya yang aktif bersosial.

"Lakukan sesuatu dalam hidupmu yang (senantiasa) membangkitkan gairahmu," ucap Ioanna Proiou, penduduk lokal berusia 105 tahun, dikutip BBC International.

Satu hal yang paling membuat iri dari Ikaria, 80 persen pria di sana yang berusia 65 sampai 100 tahun masih aktif bercinta dengan pasangannya. "Namun setelah berusia 90, mereka yang melakukan hubungan seksual mulai berkurang," kata Christina Chrysohoou, ahli jantung dari Universitas Athena.

Chrysohoou pun membocorkan dua faktor, yang menjadikan orang Ikaria berumur panjang: rutin makan kacang-kacangan, dan rutin tidur siang. Meskipun dia juga percaya sikap orang Ikaria yang gemar berkumpul juga memberi dampak positif bagi kesehatan mental dan fisik.