Di Masa Depan, Bentuk Bohlam Akan Jauh Berbeda dari yang Sekarang


Ciri kehidupan manusia memang berubah dan berkembang. Dan hal ini terus-menerus terjadi, sejak jaman dahulu kala sampai hari ini, bahkan sampai masa yang akan datang. 

Semuanya berubah dan berkembang, dan perubahan serta perkembangan itu tentunya diharapkan menjadikan kehidupan manusia menjadi semakin mudah, semakin baik, dan semakin maju.

Anda tentu pernah mendengar ramalan futuristik yang menyatakan bahwa kelak manusia akan hidup di planet lain, jika planet Bumi yang kita tinggali ini sudah tidak layak dihuni lagi. 

Nah, meski pada saat ini ramalan itu masih terdengar aneh, mustahil, atau tak masuk akal dan sulit dibayangkan, tetapi tidak menutup kemungkinan kalau ramalan semacam itu pada akhirnya akan terjadi juga.

Pada masa lalu mungkin orang akan berpikir bahwa berbicara face to face dalam jarak ratusan kilometer mungkin hal mustahil. Tetapi sekarang orang bisa melakukan hal semacam itu dengan bantuan handphone 3G. Jadi, dalam perkembangan kehidupan manusia, termasuk teknologi, sepertinya memang semua menjadi mungkin. 

Nah, saat ini telah pula diadakan rencana untuk menciptakan bentuk bohlam yang jauh berbeda dengan bohlam yang selama ini kita kenal. Bohlam atau bola lampu yang biasa kita pakai sekarang ini berbentuk bulat atau cembung. 

Direncanakan, di masa depan kita tidak akan lagi menggunakan bohlam yang berbentuk semacam itu lagi, tetapi akan menggunakan bohlam yang lebih modern, yakni bohlam berbentuk flat atau datar.

Dipercaya, inilah bentuk bohlam modern di masa depan. Bohlam yang dirancang seorang ilmuwan bernama Joonhuyn Kim ini diklaim dapat menghemat biaya pembuatannya hingga 30 persen, jika dibanding biaya pembuatan bohlam tradisional yang cembung dan gemuk. 

Desain bohlam datar ini juga dipercaya akan dapat menghemat tempat pada waktu pengirimannya. Karena bentuknya datar, maka ruang yang terpakai di antara satu bohlam dengan bohlam lainnya bisa diminimalkan.

Mungkin, sekilas penggunaan bohlam dalam bentuk flat atau datar seperti ini masih terdengar asing atau aneh. Tapi bisa saja kelak anak atau cucu kita akan menggunakannya. Dan, mungkin, ketika hal itu terjadi, bohlam yang kita pakai sekarang bisa saja akan dianggap sebagai “benda aneh” atau “barang kuno”.