Cara Menghasilkan Foto Bagus Layaknya Fotografer Profesional


Dari dulu, urusan berfoto disukai banyak orang. Jika dulu urusan ini bisa dibilang ribet, karena harus datang ke studio khusus, kini setiap orang bisa menjadi fotografer dan membuat foto-foto sendiri. Kalau pun tidak memiliki kamera, ponsel pun bisa digunakan, toh sekarang banyak ponsel yang dapat menghasilkan foto menawan.

Yang kadang masih jadi ganjalan adalah ketika menyaksikan foto-foto hasil jepretan sendiri, dan membandingkannya dengan foto-foto yang dihasilkan fotografer profesional. Ketika melihat foto-foto karya fotografer profesional, bisa jadi kamu bertanya-tanya, "Gimana caranya bisa menghasilkan foto sebagus itu?"

Selain dibutuhkan skill dan pengalaman, mereka pastinya juga punya trik tersendiri yang telah dipelajari selama bertahun-tahun. Nah, buat yang ingin memiliki hasil foto menarik yang tak kalah keren, kamu bisa mempelajari beberapa efek berikut ini.

Efek Flare

Flare dapat diartikan sebagai pantulan atau refleksi pada elemen lensa depan kamera yang disebabkan oleh cahaya yang berlebihan, seperti sinar matahari ataupun buatan. 

Efek ini biasaya akan menimbulkan cahaya yang berlebih (over exposure) pada gambar. Walaupun terkadang tidak diinginkan para fotografer, efek ini bisa menjadi elemen unik yang bisa menambah keartistikan sebuah hasil jepretan.

Efek Black and White

Walaupun terkesan sederhana, efek yang satu ini bisa membuat mata siapa saja terpana. Sesuai namanya, 'black and white', efek ini biasanya tidak memiliki warna apapun selain hitam, putih, dan perpaduan dua warna tersebut. 

Tapi seiring berkembangnya dunia fotografi, banyak juga orang yang mulai mengedit beberapa objek dengan warna lain, yang menghasilkan kombinasi gambar menarik.

Efek Vintage

Selain black and white, efek vintage juga menjadi salah satu efek andalan yang tak pernah mati dari masa ka masa. Efek ini bisa kamu pakai untuk menggambarkan foto lebih old school, dengan kombinasi warna antara cokelat lebih keabu-abuan.

Efek Bokeh

Terakhir, efek yang kini makin banyak digandrungi anak muda adalah efek bokeh, atau yang menampilkan efek blur pada background. Efek ini sangat disukai karena memperlihatkan secara jelas objek mana yang menjadi point dalam foto. Jadi jangan heran, kalau banyak anak muda yang sering memposting foto dengan efek bokeh di timeline sosial medianya.